PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN AKTIFITAS EKSTRAKULIKULER TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA

Mufarihah Mufarihah, Munasir Munasir

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa bahwa: (1) Ada pengaruh kedisiplinan guru terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. (2) Ada pengaruh aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. (3) Ada pengaruh kedisiplinan guru dan aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 30 guru dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik dengan menggunakan bantuan rumus statistik serta aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dengan taraf kesalahan 5%. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh X1 (kedisiplinan guru) terhadap Y (karakter peserta didik) yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung sebesar = 9.621 dan signifikansi = 0.004 < 0.05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara Kedisiplinan Guru terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif. (2) Ada pengaruh X2 (aktivitas ekstrakurikuler) terhadap Y (karakter peserta didik) yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung = 4.370 dan signifikansi = 0.002 < 0.05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif. (3) Ada pengaruh secara simultan antara X1 (kedisiplinan guru) dan X2 (aktivitas ekstrakurikuler) terhadap Y (karakter peserta didik) di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019, yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung = 7.497 dan hasil analisis taraf signifikannya adalah sebesar = 0,003 < 0,05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara kedisiplinan guru dan aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif.

Keywords


kedisiplinan guru, aktivitas ekstrakurikuler dan karakter peserta didik

Full Text:

PDF

References


Anurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak agar Sukses dan Bahagia: Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Azra, A. (1999). Esei-esei Intelektual Muslim Pendidikan Islam. Logos.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works In Character Education : A research-driven guide for educators Character Education Partnership. Education, February, 1–37. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1).

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Nawawi, H. H. (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Raharjo, A. S. (2013). Pengaruh Keteladanan Guru dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Karakter Siswa SMK N 2 Pengasih Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Roestiyah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bina Aksara.

Safitri, M. F. (2018). Keteladanan Guru sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas Tinggi SD N 1 Simo Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Subaidi. (2019a). Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja di MA Amsilati Bangsri Jepara. J-ASNA: The Journal for Aswaja Studies, 1(1), 34–46.

Subaidi. (2019b). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Agama di SMP Walisongo Pecangaan Jepara. J-MPI: Journal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 37–47.

Subaidi, H. (2016). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(April), 26–49.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Tim Laboratorium Jurusan. (2012). Pedoman Penyusunan Skripsi STAIN Tulungagung. STAIN Tulungagung.

Wulansari, A. D. (2012). Penelitian Pendidikan Suatu pendekatan Praktek Dengan Mengunakan SPSS. Nadi Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1493

Article Metrics

Abstract view : 389 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.