STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PENDIDIK PADA MTS NU BANAT KUDUS

Abdul Mun’im, Barowi Barowi, Munasir Munasir

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan perencanaan, pelatihan, dan evaluasi dalam meningkatkan etos kerja (2) Mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan etos kerja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik bersifat field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian uji kridebilitasnya menggunakan metode triangulasi (gabungan). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan rekrutmen, pelatihan, dan evaluasi dalam meningkatkan etos kerja pada MTs NU Banat Kudus mengikuti konsep trilogi kualitas yang mengidentifikasi tiga aspek dalam meningkatkan etos kerja yaitu perencanaan kualitas (quality planning), perbaikan kualitas (quality improvment), pengendalian kualitas (quality control). Fakor penghambat dalam peningkatan etos kerja pada MTs NU Banat Kudus secara garis besar ada dua faktor yaitu terdapat sarana penunjang yang kurang mamadahi, dan kurangnya SDM pendidik. Sarana prasarana yang kurang ini didasari utama karena sempitnya lahan sehingga tidak bisa membuat ruangan khusus aula, dan belum berpikiran untuk mengganti LCD Proyektor dengan teknologi TV LED berukuran besar.

Keywords


Etos Kerja; Kepala Sekolah; Meningkatkan Mutu

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2010). Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Teras.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2015). Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 16–24.

Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang Noor Fatikah 1 , Fildayanti 2. IJIES: Indonesian Journal of Islamic Education, 2(2), 167–182.

Handini, N. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mingkatkan Etos Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Mowara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1).

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Pustaka. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (4th ed.). Balai Pustaka.

Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132.

Setyo, T. (2016). Etos Kerja Tinggi Cermin Kepribadian Muslim Unggul. Wahana Akademik, 3(1), 137–149.

Shulhan, M., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Teras.

Sola, E. (2018). Ada Apa Dengan Supervisi Pendidikan? Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 130–140. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5406

Subaidi. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah daalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara). Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 101–110.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1491

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.