IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTS DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI

Khotimah Khotimah, Moh Nasuka

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan program, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut peningkatan mutu madrasah melalui Total Quality Management dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Darul Falah Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut peningkatan mutu madrasah melalui Total Quality Management di MTs. Darul Falah Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dilaksanakan melalui: fokus pada kepuasan pelanggan, obsesi yang tinggi terhadap kualitas, kerjasama tim (Team Work), perbaikan sistem secara terus-menerus, pelatihan dan pendidikan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan guru dan staff sehingga 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan dapat ditingkatkan. 2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Darul Falah Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati adalah kebersamaan sikap terhadap kualitas belum sepenuhnya ada dalam diri dan dijalankan oleh guru, perbedaan status sosial guru, dan masih adanya image masyarakat yang menganggap madrasah sebagai lembaga pendidikan second class.

Keywords


Mutu Madrasah; Peningkatan Mutu; Total Quality Management

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2011). Strategic Management for Educational Management: Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan. Alfabeta.

Arcaro, J. S. (2006). Pendidikan Berbasis Mutu : Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Baharuddin, & Umiarso. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.

Fauzi, A. (2018). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah (Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam). Ar-Ruzz Media.

Nafiah, D. (2011). Aplikasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi. Efisien: Kajian Ilmu Administrasi, XI(2), 81–93.

Nasution, M. . (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokrati: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Prenada Media.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan. IRCiSoD.

Sari, D. E. K., Surachman, S., & Ratnawati, K. (2018). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 11–25. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2313

Subaidi, & Khalim, S. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah (Studi Kasus di SMK Islam Datuk Singaraja Kerso Kedung Jepara). Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi Volume 04 No. 02 Desember 2018, 04(02), 221–230.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sumitro, Sulistyono, D. S. T., Giyono, W., Wibowo, L. H., & Sidharto, S. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. UNY Press.

Usman, H. (2013). Manejemn: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2013). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalibalik Kabupaten Batang [IAIN Walisongo]. https://doi.org/10.16258/j.cnki.1674-5906.2006.01.022




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1489

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF - 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.