THE HIGH COST OF LOW EDUCATIONAL PERFORMANCE

Uswatun Khasanah, Abd. Mannan

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini mendeskripsikan tentang the high cost of low educational performance.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Prosesnya dilakukan semenjak pengumpulan data, sehingga saat dilapangan, peneliti sudah mulai melakukan proses analisis data hingga penelitian berakhir. Penelitian ini berkesimpulan bahwa biaya adalah suatu pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu. Biasanya merupakan penilaian moneter dari semua upaya, bahan, sumber daya, waktu dan utilitas yang dikonsumsi, risiko yang timbul dan peluang yang hilang dalam produksi dan pengiriman barang dan jasa. Dalam konteks pendidikan, berarti biaya pendidikan adalah suatu hal baik itu materi dan non materi yang dikorbankan demi kelangsungan pendidikan agar mencapai suatu tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Selain berbentuk uang, biaya dalam pendidikan antara lain; biaya oportunitas, biaya modal, biaya operasional, biaya rata-rata (AC) dan biaya marginal (MC), biaya privat, biaya sosial pendidikan, joint costs pendidikan, pendekatan kecukupan, konsep produksi: kaitan antara input dan output dalam pendidikan. Kualitas pendidikan adalah aspek yang tidak dapat dipisahkan dari pemerataan dan perluasan kesempatan bekerja. Definisi kualitas yang praktis adalah: sebuah derajat variasi yang terduga standar yang digunakan dan memiliki kebergantungan pada biaya yang rendah. Kualitas pendidikan dapat ditinjau dari kemanfaatan pendidikan bagi individu, masyarakat, bangsa dan negara. Secara spesifik, kualitas pendidikan dilihat dari segi tinggi dan luasnya ilmu pengetahuan yang dicapai oleh seseorang yang menempuh pendidikan. Sedangkan kualitas dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh lembaga pendidikan pada setiap kurun waktu tertentu.

Keywords


the high cost, low educational performance

Full Text:

PDF

References


Baños, Josep-Eladi. et. al. 2019. Good Health, Quality Education, Sustainable Communities, Human Rights : The Scientific Contribution of Italian UNESCO Chairs and partners to SDGs 2030. Firenze Italy. Firenze University Press.

Biltagy, Marwa. 2012. Quality of Education, Earnings and Demand Function for Schooling in Egypt: An Economic Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 69: 1743.

Danim, Sudarwan. 2004. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Bandung. Pustaka Setia.

Fatah, Nanang. 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Irianto, Agus. 2013. Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Juhaidi, Ahmad. 2019. Arah Baru Kajian Administrasi Pendidikan. Banjarmasin: Antasari Press. M. Barrett, Angeline. et. al. 2006. The Concept of Quality in Education: A Review of The International Literature on The Concept of Quality in Education. United Kingdom. EdQual.

Nugroho, Arusstyanto. 2013. Ekonomi Manajerial. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Nwokoye. et. al. 2018. Principles of Economics 1. Nigeria. Department of Economics Nnamdi Azikiwe University.

Sen, Asim. et. al. 2012. Democratization of University Management for Quality Higher Education. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 58: 14921493.

Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1488

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.