TEORI DAN KONSEP DASAR PEMBIAYAAN (COST) DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Rencana, Organisasi,Pelaksanaan,dan Pengawasan)

Ade Ade Sopiali

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan teori dan konsep dasar pembiayaan (cost) dalam pendidikan Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Prosesnya dilakukan semenjak pengumpulan data, sehingga saat dilapangan, peneliti sudah mulai melakukan proses analisis data hingga penelitian berakhir. Penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) pembiayaan pendidikan merupakan salah satu cara agar proses penyelenggaraan pendidikan dapat dilakasanakan dengan efektif dan efisien. pembiayaan pendidikan adalah dana yang diberikan kepada sekolah untuk memfasilitasi setiap kegiatan proses pembelajaran di sekolah, dan berbagai keperluan dalam penyelenggaraan pendidikan; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan sekolah dipengaruhi oleh: a) kenaikan harga (rising prices);b) perubahan relatif dalam gaji guru (teacher’s sallaries); c) perubahan dalam populasi dan kenaikannya  prosentasi anak  di  sekolah negeri; d) meningkatnya standar pendidikan (educational standards); e) meningkatnya usia anak yang meninggalkan sekolah; dan f) meningkatnya tuntutan terhadap pendidikan lebih tinggi (higher education); 3) Sumber-sumber pembiayan pendidikan di sekolah menurutbisaa dikategorikan atau dikategorikan menjadi lima yaitu: Anggaran rutin dan APBN (anggaran pembangunan) Dana penunjang pendidikan (DPP); Bantuang/sumbangan dari BP3; Sumbangan dari pemerintah daerah setempat (kalau ada); Bantuan lain-lain (yang tidak mengikat); bantuan pemerintah dan pemerintah daerah; 4) Cara Mengelola Pembiayaan adalah Pertama, persolan pembiayaan adalah hal yang sangat sensitif keberadaannya. Kedua, terkait dengan penempatan alokasi dana, pihak di dalamnya diupayakan mampu menyusun dan mengelola dengan baik, berapa anggaran yang ada, bagaimana anggaran itu dibelanja- kan atau dialokasikan, serta bagaimana sistem pelaporannya. Ketiga, kepala sekolah sebagai motor penggerak, diharapkan mempunyai keterampilan entrepreneurship (keterampilan kewira- usahaan) dan kemampuan manajerial serta kesupervisian. Keempat, madrasah hendaknya melibatkan masyarakat dalam pengangaran pembiayaan pendidikan, melalui rapat rutin ataupun bisa diselipkan pada rapat musyawarah kenaikan sekolah/kelulusan. Kelima, lembaga pendidikan Islam, dalam hal ini madrasah, sebagai lembaga yang berbasiskan agama yang di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur, diharapkan memegang teguh prinsip keadilan, prinsip amanah, kejujuran, musyawarah, keterbukaan, kedisiplinan, dan sebagainya.


Keywords


konsep dasar; pembiayaan; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ace Suryadi dan H.A.R Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan suatu Pengantar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993), hlm. 159.

Achmad, Dedy Kurniady, Pengelolaan Pembiayaan Madrasah Dasar di Kabupaten Bandung, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1, hlm. 35-36. 2019

Ahmad Nunu, Pembiayaan Pendidikan di Madrasah dan Peranan Pemerintah Daerah di Era Otonomi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Bandung, Volume 5 Nomer 2 April-Juni 2007.

Ahmad Munir Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang 2013.

Blocher, et. al. 2001. Manajemen Biaya Dengan Tekanan Strategic. Penerjemah. Susty Ambarrini. Jakarta: Salemba.

Dedi Supriyadi, Satuan Biaya PEndidikan Dasar dan Menengah, (Bandung: P. Remaja Rosda Karya, 2006),

Fattah, Nanang. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan, No. 9

Harsono, Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007), hlm. 10.

Iskandar, Uray. 2011. Faktor Yang Mempengaruhi Biaya. Diunduh pada tanggal27Maret2013dari : http://urayIskandar.blogspot.com/2011/04/faktor yang mempengaruhi biaya.html.

Koontz, Harold. O Donnel dan Heinz Weihrich. 2010. Management. McGraw

Hill Kogaguska.

Luthfia Yuli Kurniawan, 2018. Konsep Dasar Pembiayaan Pendidikan Universitas Negeri Padang Indonesia.

Mahmud Arif, Pendidikan Islam Transformatif, (Yogyakarta: LKiS, 2008), 135.

Muhaimin & Majid, Abdul. 2013. Pemikiran Pendidikan Islam. Tri Genda Karya,

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, (Surabaya: elKAF, 2006), 98

Yahya “System Manajemen Pembiayaan pendidikan: suatu studi tentang pembiayaan pendidikan sekolah dasar diprovinsi Sumatra Barat, Disertasi, Bandung Sekolah Pasca Sarjana Unversitas Pendidikan Indonesia, 2003, hlm. 43-44.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1452

Article Metrics

Abstract view : 1406 times
PDF - 7517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.