KONSEP AUDITING SYSTEM DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Priyo Priyo

Abstract


Penelitian ini menjelaskan konsep auditing system dalam penjaminan mutu pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data penelitian terkait dengan konsep auditing system dalam penjaminan mutu pendidikan Islam menggunakan analisis deskriptif, dengan langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak yang disebut auditor. Tujuan diadakannya audit adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima. Dalam dunia pendidikan Islam, juga mengenal adanya istilah audit laporan keuangan yang biasanya dilakukan oleh akuntan publik untuk menilai seberapa wajar atau seberapa layak penyajian laporan keuangan ini dibuat oleh lembaga pendidikan tersebut, dengan mengacu pada prinsip akuntansi yang berlaku secara umum.


Keywords


auditing system; penjaminan mutu; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2016). Materi Annual Meeting BAN-PT: Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta: BAN-PT.

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2012). Auditing dan Jasa Assurance Edisi Kedua Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

DIKTI, K. (2016). Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Fauji, L., Sudarma, M., & Achsin, M. (2015). Penerapan Sistem Pengendalian Mutu (SPM) Dalam Meningkatkan Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Multiparadigma .” Jurnal Akuntansi Multiparadigma 6, no. 1 (2015): 38–53., 6(1), 38–53.

Fitriani, D. (2011). Jasa Audit dan Assurance: Pendekatan Terpadu. Jakarta: Salemba Empat.

Jusuf, A. A. (2008). Auditing and Assurance Services. . Singapura: Pearson Education.

Kemendiknas. (2017). Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Penyusunan Instrumen Akreditasi . Jakarta: BAN-PT.

Lexy J, Moleong, (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Russell, J. e. (2005). The ASQ Auditing Handbook; Principles, Implementation, and Use. 3rd ed. . Wisconsin: ASQ Quality Press.

Sawyer, L. B., Dittenhofer, M. A., & Scheiner, J. H. (2015). Internal Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanujaya, E. (2008). Audit Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Taufiq, M. (2002). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Profesi Akuntan Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Tunggal, A. W. (2007). Dasar-Dasar Audit Manajemen. Jakarta: Harvarindo.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1451

Article Metrics

Abstract view : 759 times
PDF - 1982 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.