STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN STUDI DI SD NASIMA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran jasa pendidikan di SD Nasima Semarang. Sekolah yang berbasis nasional dan agama ini berdiri tahun 1994. Keberhasilan manajemen sekolah dalam pemasaran jasa pendidikan di sekolah ini telah membuahkan hasil, antara lain; minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke SD Nasima selalu meningkat berasal dari berbagai daerah di Semarang dan dukungan orang tua dan masyarakat kepada lembaga ini juga semakin meningkat. Ada dua strategi market yang dijalankan, yakni: pemasaran internal dan pemasaran eksternal. Pada pemasaran internal, strategi yang dijalankan adalah pemberian kebijakan penerimaan langsung bagi alumni TK Nasima, pemberian diskon, perenting class dan mengoptimalkan peran walikelas, guru dan wali murid. Sedangkan pemasaran eksternal, strateginya adalah menjalin kemitraan dengan TK-TK di wilayah market Nasima, penyebaran brosur, pemuatan informasi tentang sekolah Nasima, pemasangan spanduk, baliho yang strategis, menggelar pameran pendidikan, free trial class dan open house. Model pendidikan SD Nasima memiliki peluang cukup besar, karena banyak kalangan menengah yang sadar agama membutuhkan pendidikan Islam yang berkualitas bagus. Di sisi lain tantangannya adalah penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas baik dan penuh inovasi. Dalam hal ini SD Nasima adalah pendidikan yang pertama di Semarang menyelenggarakan full day school.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Jasa Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Tamrin dan Francis Tantri, 2013, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati, (ed.), 2009, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Fahrurrozi, 2012, Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam, (Penelitian Individu dibiayai DIPA), Semarang: IAIN Walisongo.
Gilligan, Colin dan Richard M. S. Wilson, 2009, Strategic Marketing Planning, London: Elseivier.
Hooley, Graham J., Nigel F. Piercy, Brigitte Nicoulaud, 2008, Marketing Strategy and Competitive Positioning, London: Prentice Hall.
Hurriyati, Ratih, 2010, Bauran Konsumen dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta.
Imawan, Fajar, 2009, Pemasaran Langsung Lembaga Jasa Nirlaba; Studi pada Sekolah Dasar dan Menengah Swasta di Kota Surakarta, (Tesis-tidak diterbitkan), Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 1996, Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, diterjemahkan oleh Alexander Sindoro, dari Principles of Marketing. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012, Marketing Management, New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, diterjemahkan oleh Hendra Teguh, dari Marketing Management, Jakarta: Prehallindo.
Maimun, Agus dan Agus Zaenul Fitri, 2010, Sekolah Unggulan; Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang: UIN Malang Press.
Mudie, Peter dan Angela Pirrie, 2006, Service Marketing Management, London: Elseivier.
Muhaimin, 2011, Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Sekolah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Octavian, Henry Sumurung, 2005, “Manajemen Pemasaran Sekolah Sebagai Salah Satu Kunci Keberhasilan Persaingan Sekolah”, Jurnal Pendidikan Penabur, No.05/Th.IV/Desember 2005.
Saroh, Ulfa, 2007, Manajemen Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Malang; Studi Kasus di Unmer, Universitas Kanjuruhan dan Unisma, (Tesis-tidak diterbitkan), Malang: UIN Maliki.
Sarwono, Jonathan, 2011, “Faktor-Faktor Pendorong Persaingan Bisnis: Aplikasi Penawaran Jasa Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Penabur, No.16/Tahun ke-10/Juni 2011.
Swastha, Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
Syukur, Fatah, 2013, Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Sekolah, Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Wijaya, David, 2008, “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah”, Jurnal Pendidikan Penabur, No.11/Tahun ke-7/Desember 2008.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1363
Article Metrics
Abstract view : 631 timesPDF - 407 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.