DIMENSI-DIMENSI PSIKOLOGIS TAHFIDZ AL-QURAN PADA ANAK-ANAK (Studi tentang Tahfidz al-Quran Anak-anak di Pesantren Yanbu' al-Qur'an Kudus Jateng)

Abdul Rohman

Abstract


Abstrak
Pemuda merupakan aset bagi suatu bangsa, karenanya mereka harus bisa berkembang secara baik. Supaya bisa berkembang dengan baik, mereka harus mendapatkan treatment yang tepat, harus mengalami pendidikan yang terbaik, harus mendapatkan “menu” yang cocok.Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tahfidz al-Quran pada anak-anak yang akan difokuskan padapenglihatan aspek-aspek psikologis anak yang sedang melakukan hafalan al-Quran pada anak-anak Madrasah Ibtidaiyyah Yanbu’ al-Quran Kudus Jawa Tengah yang menampung anak-anak usia Madrasah Ibtidaiyyah, yang di samping menempuh pendidikan formal (Madrasah Ibtidaiyyah), mereka juga harus melakukan hafalan al-Quran tiga puluh juz selama menempuh pendidikan. Dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, case study,studi ini menemukan bahwa dengan melihat aspek-aspek psikologis anak yang sedang menempuh pendidikan dan melakukan tahfidz al-Quran, program yang ditawarkan oleh Madrasah Ibtidaiyyah Yanbu’ al-Quran Kudus cocok bagi anak untuk pengembangan dirinya.
Kata Kunci: dimensi psikologi; psikologi; tahfidz Qur'an

Keywords


dimensi psikologi; psikologi; tahfidz Qur'an

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada, 2000.

A.S. Hornby. Oxford Advanced Learner‟s Dictionary of Current English. Britain: Oxford University Press, 1986.

Abdul Aziz al-Rauf al-Hafidh, Kiat Sukses Menjadi Hafidh al-Qur‟an, Bandung: Syamil, 2004.

Abdurrahman Al-Nahlawi. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat (Ushul al-Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fi al-Baiti wa al-Madrasati wa al-Mujtama‟), terj. Shihabuddin. Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Abdurrahman An-Nahlawi.Pendidikan Islam di Rumah sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Ahmad Qodry Abdillah Azizy. Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial: Mendidik Anak Sukses Masa Depan, Pandai dan Bermanfaat. Semarang: Aneka Ilmu, 2002.

Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Ahsin, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur‟an, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

B.S. Bloom, D.R. Krathwohl,B.B. Masia.Taxonomy of Educational Objectives: Book 2 Affective Domain. London: Longman, 1976

B.R. Hergenhahn & Matthew H. Olson. Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Prenada Media, 2008.

Bimo Walgito. Pengantar Psikologi.Jakarta: Rajawali Pers, 2002.

Bruce Joyce &Marsya Weil. Models of Teaching. Boston: Allyn & Bacon, 2000.

Chatarina Tri Anni. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press., 2006.

Clifford T. Morgan. Introduction to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Company, 1961.

Dedi Supriadi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogjakarta: Adicita Karya Nusa, 1998.

Desmita. Psikologi Perkembangan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2005.

Dimyati dan Mudjiono. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud, 1994.

Djemari Mardapi. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogjakarta: Nuha Litera, 2012.

F.J. Monks, A.M.P. Knoers dan Siti Rahayu Hadianto, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 1999.

Heri Saptadi. “Faktor-faktor Pendukung Kemampuan Menghafal al-Quran dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling”,Jurnal Bimbingan Konseling, 1 (2), 2012, pp. 117-121

Ibnu Khaldun, Muqaddimah. Jakarta: al-Qalam, t.t.

Ibnul Jauzi. Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar: Ternyata Kekuatan Belajar adalah Menghafal (al-Hatstsu „ala Hifdz al-„Ilm wa Dzikr Kibaar al-Huffaadz), terj. Irwan Raihan, Solo: Kuttab Publishing, 2016.

J.H. McMillan &S. Schumacher, S. Research in Education: a Conceptual Introduction. New York: HarperCollinsPublishers, 2001.

Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

John Dewey. Democracy and Education. USA: Routledge, 1995.

Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1962.

M.Muslich. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

M. Quraish Shihab, dkk. Ensiklopedia Al-Qur‟an : Kajian Kosa Kata, Jakarta: Lentera Hati, 2007.

Muhammad Yaseen Alfi. Sebuah Pendekatan Linguistik Terapan untuk Meningkatkan Penghafalan Quran Suci: Saran untuk Merancang Kegiatan Praktek untuk Belajar dan Mengajar. College Pendidikan, Universitas King Saud, Riyadh, Arab Saudi, 2002.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Musthofa al-Ghulayaini.Idhatun al-Nasyiin. Semarang: Toha Putra, t.t.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Nana Syaodih Sukmadinata. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya, 2004.

Nawawi al-Bantany, Al-Hidayah Al-Qur‟an: Tafsir Perkata, Tajwid, Kode Angka, Banten: Kalim, t.t..

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.

Nurcholish Madjid. “Pengantar”, dalam A. Malik Fadjar. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia, 2000.

Oemar Hamalik. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara, 2003.

Rahmat Mulyana. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011.

Ralph W. Tyler. Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 1994.

Robert M. Gagne. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and winston, 1977.

Rofiul Wahyudi & Ridhoul Wahidi. Sukses Menghafal al-Quran Meski Sibuk Kuliah: Rahasia Cepat Bisa menghafal al-Quran Saat Sibuk Kuliah, Yogjakarta.

Roy Killen. Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice. Australia: Social Science Press, 1998.

R.K. Gable. Instrument Development in the Affective Domain. Boston: Kluwer-Nijhoff Pub, 1986.

Thomas Lickona.Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibilty. New York: Bantam Book, 1992.

Sa’ad Riyadh. Kiat Praktis Mengajarkan al-Qur‟an Pada Anak, Terj. Suyatno. Solo: Ziyad, 2007.

Slameto. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2004.

Sumadi Suryabrata. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Syaikh Muhammmad Nashiruddin al-Albani. Al-Masa-il Al-„Ilmiyyah wa al-Fatawa Al-Syar‟iyyah, Kairo: Daar Adh Dhiyaa’, t.t.

Uyoh Saadulloh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

W.A. Gerungan, Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers, 1998.

Wasty Soemanto. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

William B. Michael. Encyclopedia of Educational Research. New York: McMillan, 1960.

Wiwin Fachrudin Yusuf. “Hubungan Dukungan Sosial dan Self Acceptance dengan Motivasi Menghafal al-Quran di Pondok Pesantren al-Quran Nurul Huda Singosari Malang”, Jurnal Psikologi, September 2015, Vol. III, No. 1, pp. 1-11

Zaenuddin dkk. Seluk Beluk PendidikanVersi al-Ghazali. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1362

Article Metrics

Abstract view : 542 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.