PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SD DALAM ASPEK PENILAIAN HASIL BELAJAR PAI SE-KABUPATEN JEPARA 2013-2014
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan Pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru SD dalam aspek penilaian hasil belajar PAI se-kabupaten Jepara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Semua data dikuantifikasi ,artinya diubah dahulu menjadi data angka dan analisisnya menggunakan statistik. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto, sebab tidak ada kegiatan untuk mengatur kondisi ataupun mengadakan manipulasi terhadap variabel-variabel penelitian dan tidak ada kontrol terhadap variabel bebas,Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (variabel bebas) dan variabel dependen (variabel terikat). Variabel independennya adalah kelulusan guru agama mapel PAI dalam program sertifikasi sedang variabel dependennya kinerja guru agama mapel PAI dalam bidang penilaian hasil belajar.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru agama mata pelajaran PAI di SD se-kabupaten Jepara yang berjumlah 655 orang guru PNS dan yang non PNS 17 orang, jumlah seluruhnya 672 orang,yang sudah lulus sertifikasi; PNS 456 non PNS 2 orang , jumlah seluruhnyaa 458 orang, sedang yang belum lulus sertifikasi 214 ,sedang sampelnya guru pai dari tiga kecamatan berjumlah 81 guru.Hasil penelitian ini,Kinerja GPAI kabupaten yangsudah lulus sertifikasi meannya 65,47, SD 10,91 sedang GPAI yang belum lulus sertifikasi mean kinerjanya 67,47 dan SD 7,699 , t-Test :0,841,Sig :0,403,Mean difference=2,002,ini bisa disimpulkan perbedaannya nonsignifikan,baik taraf kesalahan 5 % maupun 1 %.
Salah satu sebab yang bisa diperoleh datanya adalah GPAI yang sudah lulus lebih banyak usia tua dan sebagian lulusan program portofolio dibanding yang belum ikut sertifikasi yang usia muda lebih banyak dan lebih banyak sarjana.
Kata Kunci: kinerja guru,penilain hasil belajar,sertifikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Crow, Ld., Ph. D., and Crow, Alice, Ph. D., Educational Psychology, American Book Company, New York:1958
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006,
Arikunto, Suharsimi, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Ed. Revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003, Cet. IV.
Nana Sudjana, 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustaqim,Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2001
------------,Psikologi Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta,1991
Sugiyono,Eri Wibowo, Statistika Dalam Penelitian,Bandung: Alfabeta,2002
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentanng Standar Penilaian Pendidikan
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentanng Standar Penilaian Pendidikan,tanggal 11 Juni 2007.
Undang-undang republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i2.1359
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 82 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.