PEMILIHAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF

Abdur Rosyad Syuhudi

Abstract


Abstrak.

Terdapat berbagai metode pengajaran bahasa  Sasaran (BS) dan setiap metode mempunyai konsep siap pakai yang bersipat prescriptive dan harus dipatuhi oleh setiap penggunanya, ia harus mengikuti langkah-langkah yang telah digariskan dalam metode tersebut. Diantara metode pengaran bahasa  sasaran adalah : Grammar Translation Method, The Reading Methode, Direct Method, The Aural-Oral Method, atauThe Audio-Lingual Method, Audio Visual Method, Cognetive Code Learning, The Eclectics Method dan sebagainya. Bagi guru yang telah milih salah satu metode tersebut harus menerapkan secara utuh semua langkah yang telah digariskan dalam metode,padahal tidak setiap metode itu sesuai dengan situasi, kondisi lingkungan, tujuan pengajaran dan budaya setempat.Untuk memilih metode yang cocok dan sesuai dalam mengajar bahasa Arab, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti faktor tujuan pengajaran bahasa Arab, faktor materi, faktor guru, faktor siswa/mahasiswa, faktor sarana, prasana, media pembelajaran, faktor situasi dan kondisi kelas. Untuk itu metode eklektik (eclectics method) atau metode gado-gado, merupakan metode alternatif dengan mengambil sisi terbaik dari metode yang sesuai dengan faktor-faktor di atas (Syuhudi,2013:249). Belajar bahasa hidup seperti bahasa Arab, siswa harus bisa menguasi skill atau ketrampilan bahasa yang empat, mendengar, bertutur, membaca dan menulis. Tujuan pengajaran bahasa Arab, menurut Kamil Al-Naqah, meliputi tujuan budaya, komunikasi, dan bahasa.(Al-Naqah, 1984: 33/Syuhudi2004:56). Hal ini diperlukan sebuh metodologi pengajaran bahasa Arab yang tepatdanefektif.

 

Kata kunci: metode pengajaran,bahasa Arab, Efektif

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka.

Abd. ‘Ăli, Abd.Mun’im ),Thuruq Tadrîs al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo. Maktabah Gharîb.

Ahmad, Muhammad Abd.Qadir (1984),Thuruq Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo. Maktabah al-Nahdhah.

Ahmad, Muhammad Abd.Qadir (1982),Thuruq Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li al-Mubtadiîn. Kairo. Maktabah al-Nahdhah.

Ahmad, Muhammad Abd.Qadir (1984),Thuruq Ta’lim al-Arabiyyah al-Islamiyyah. Kairo. Maktabah al-Nahdhah.

Al-Araby, Salah Abd.Majid (1981), Ta’allum al-Lughaat all-Hayyah wa Ta’liimuha Baina

al-Nadzariyyah wal al-Tathbiq. Bairuth.Maktabah Lubnan.

Arbak Othman (1989), Mengajar Tatabahasa, Kuala Lumpur. Dewan Bahasa Dan Pustaka.

Arsyad, Azhar (2010), Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya,Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Asmah Hj. Omar (1992), Aspek Bahasa Dan Kajiannya, Kuala Lumpur. Dewan Bahasa Dan

Pustaka.

Asmah Hj. Omar (1984), Kaedah Pengajaran Bahasa. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa Dan Pustaka.

Arsyad, Azhar (2010), Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Azman Wan Chik (1982), Trend-Trend Baru Dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Kuala

Lumpur. Utusan Publication.

Badawi, al-Said Muhammad (1983/1403), al-Kitab al-Asasi Fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha. Tunis, ALECSO.

Badawi, al-Said Muhammad (1992) al-Takhthith al-Lughowi, Qahiyyah al-Hafiz fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha.Proseding Seminar Internasional Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha. Brunei Darussalam. Universiti Brunei Darussalam.

Baraja, M.F. (1990), Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. IKIP. Malang.

Bambang, Kaswanti Purwo (1990), Pragmatik Dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta. Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1356

Article Metrics

Abstract view : 3870 times
PDF - 1415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.