MANAJEMEN ALA RASULULLAH DALAM PERSPEKTIF ENTREPRENEUR

Selamet Hartanto

Abstract


Abstrak:

Entrepreneurship merupakan perilaku yang realistis dibandingkan dengan menunggu datangnya kesempatan dan mencari pekerjaan. Berdasarkan sumber daya alam dan peluang pasar, membuat lapangan pekerjaan sendiri lebih memungkinkan daripada mencari dan menunggu sebuah pekerjaan. Hal ini tergantung pada personal masing-masing yang diberikan kebebasan menentukan jalan.Banyak orang yang telah terjun ke dalam dunia entrepreneur, akan tetapi realitas yang terjadi banyak dari mereka yang belum mengaplikasikan manajemen ke dalam usaha mereka. Sehingga yang terjadi adalah stagnasi usaha, bahkan kemunduran dan kebangkrutan yang terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen menjadi syarat utama berkembangnya struktur bangunan wirausaha. Di dalam artikel ini, menekankan pentingnya manajemen yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Hal ini menjadi penting karena banyak sekali bangunan manajemen wirausaha yang mengabaikan nilai-nilai positif seperti yang diajarakan oleh Rasulullah. Kebanyakan cenderung mengejar pendapatan sebanyak-banyaknya dengan menggunakan segala cara. Hemat saya, untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat, manusia harus mengaplikasikan manajemen seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, khususnya umat islam yang menapaki wirausaha.

 

Kata Kunci: entrepreneurship, manajemen Rasulullah, nilai-nilai Islam.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

‘Ajaj, Hafidz Ahmad. al-Idarah fi ‘Ashri al-Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallama, Kairo: Darussalam, 2007.

Borham, Abd. Jalil. (1999), “Mu’amalah Islam: Suatu Pengenalan”, Kuala Lumpur: Pertubuhan Kebajikan Islam Malaysia (PERKIM), 1982.

Buang, Ahmad Hidayat. Studies in The Islamic Law of Contracts: The Prohibition of Gharar, Kuala Lumpur: International Law Book Services, 2000.

Daft, Richard L., Tita Maria Kanita (pent.), Era Baru Manajemen (New Era of Management), Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Griffin, Ricky W., Gina Gania (pent.), Manajemen Jilid 1 edisi 7, Jakarta: Erlangga, 2004.

Hartati,Sri. Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah

Karim, Adiwarman. Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.

Nitisusastro, Mulyadi. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Bandung: Alfabeta, 2009.

Rahim, Abdul. The Principle of Muhammadan Jurisprudence, Lahore: The Pakistan Educational Press 1911.

Sulaiman, Muhammad. Aizuddinur Zakaria, Jejak Bisnis Rasulullah, Jakarta:Hikmah, 2010.

Widyarini, Manajemen Bisnis dengan Pendekatan Islam, Yogyakarta: Ekonisia, 2012.

Yosephus, L. Sinuor. Etika Bisnis “Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer”, Jakarta: Yayasan Pustaka, 2010.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1354

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 8144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.