MUTU PESANTREN, IKHTIAR MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL

Fahrurrozi Fahrurrozi

Abstract


Abtrak

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh tantangan globalisasi dengan segala karakteristiknya. Era global merupakan era pasca industri (post industrial), yang ditandai dengan munculnya gejala ilmu dan teknologi (informasi), setelah sebelumnya melewati fase era agraris dan fase industri. Bertolak dari itu, pendidikan nasional menghajatkan dirinya pada suatu bentuk pendidikan yang kompetitif dan mencerdaskan serta mendewasakan anak bangsa agar tetap eksis dengan karakteristik sosial dan budaya aslinya di tengah era global. Pondok pesantren dengan karakteristik kuluturalnya memiliki potensi tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan pelestarian karakter dan budaya asli bangsa yang relijius. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik globalisasi dan kecenderungan pendidikan pesantren, pengelolaan pendidikan yang bermutu, dan manajemen pesantren berbasis mutu dalam menjawab tantangan globalisasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Cooper, Bruce S. (1994). “Making Money matter in Education: A Micro-Financial Model for Determining School-Level Allocations, Efficiency, and Productivity” dalam Journal of Education Finance. 20 (SUMMER 1994).

Heck, Ronald H. (2009). “Teacher effectiveness and student achievement Investigating a multilevel cross-classified Model” dalam Journal of Educational Administration Vol. 47 No. 2, 2009.

Hoy, Wayne K. (2008). Educational Administration: Theory, Research and Practice. New York: McGraw-Hill

http://www.tahershofa.net/. Diakses tanggal 25-08-2010

Jameson, Fredric and Masao Miyoshi. (1999). The Cultures of Globalization, USA: Duke university Press. hlm. Xi.

Jeffries, David R. (1993). Training for Total Quality Management. London: Kogan Page.

Preedy, Margaret. (1993). Managing The Effective School. London: Open University

Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education, London : Kogan Page.

Smith, Page A. (2007). “Academic optimism and student achievement in urban elementary schools dalam Journal of Educational Administration. Vol. 45 No. 5, 2007

Steenbrink, Karel A. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES.

Sudarsono, FX. (199). “Paradigma Pendidikan Indonesia dalam Abad 21”, makalah seminar Mencari Paradigma Baru Pendidikan Nasional Memasuki Millenium III, Yogyakarta, 9 November 1999.

Tilaar, HAR. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Jakarta, Tera Indonesia.

Toffler, Alvin. (1992). Kejutan Masa Depan, dan lihat juga Gelombang Ketiga, Jakarta, PT Pantja Simpati

Uline, Cynthia. (2008). “The walls speak: the interplay of quality facilities, school climate, and student achievement” dalam Journal of Educational Administration Vol. 46 No. 1, 2008

Wahid, Abdurrahman. (2006). Islamku, Islam Anda, Islam Kita. the wahid institute press.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1352

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 309 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.