MUTU PESANTREN, IKHTIAR MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL
Abstract
Abtrak
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh tantangan globalisasi dengan segala karakteristiknya. Era global merupakan era pasca industri (post industrial), yang ditandai dengan munculnya gejala ilmu dan teknologi (informasi), setelah sebelumnya melewati fase era agraris dan fase industri. Bertolak dari itu, pendidikan nasional menghajatkan dirinya pada suatu bentuk pendidikan yang kompetitif dan mencerdaskan serta mendewasakan anak bangsa agar tetap eksis dengan karakteristik sosial dan budaya aslinya di tengah era global. Pondok pesantren dengan karakteristik kuluturalnya memiliki potensi tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan pelestarian karakter dan budaya asli bangsa yang relijius. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik globalisasi dan kecenderungan pendidikan pesantren, pengelolaan pendidikan yang bermutu, dan manajemen pesantren berbasis mutu dalam menjawab tantangan globalisasi.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Cooper, Bruce S. (1994). “Making Money matter in Education: A Micro-Financial Model for Determining School-Level Allocations, Efficiency, and Productivity” dalam Journal of Education Finance. 20 (SUMMER 1994).
Heck, Ronald H. (2009). “Teacher effectiveness and student achievement Investigating a multilevel cross-classified Model” dalam Journal of Educational Administration Vol. 47 No. 2, 2009.
Hoy, Wayne K. (2008). Educational Administration: Theory, Research and Practice. New York: McGraw-Hill
http://www.tahershofa.net/. Diakses tanggal 25-08-2010
Jameson, Fredric and Masao Miyoshi. (1999). The Cultures of Globalization, USA: Duke university Press. hlm. Xi.
Jeffries, David R. (1993). Training for Total Quality Management. London: Kogan Page.
Preedy, Margaret. (1993). Managing The Effective School. London: Open University
Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education, London : Kogan Page.
Smith, Page A. (2007). “Academic optimism and student achievement in urban elementary schools dalam Journal of Educational Administration. Vol. 45 No. 5, 2007
Steenbrink, Karel A. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES.
Sudarsono, FX. (199). “Paradigma Pendidikan Indonesia dalam Abad 21”, makalah seminar Mencari Paradigma Baru Pendidikan Nasional Memasuki Millenium III, Yogyakarta, 9 November 1999.
Tilaar, HAR. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Jakarta, Tera Indonesia.
Toffler, Alvin. (1992). Kejutan Masa Depan, dan lihat juga Gelombang Ketiga, Jakarta, PT Pantja Simpati
Uline, Cynthia. (2008). “The walls speak: the interplay of quality facilities, school climate, and student achievement” dalam Journal of Educational Administration Vol. 46 No. 1, 2008
Wahid, Abdurrahman. (2006). Islamku, Islam Anda, Islam Kita. the wahid institute press.
DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1352
Article Metrics
Abstract view : 160 timesPDF - 309 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.