ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF FILOSOFIS

Durrotul Faizatun Nafisah, Nur Achadiyah Hidayati, Nikmatul Karimah, Zainal Muhatarom

Abstract


Abstrak:
Pendidikan Islam merupakan proses pembelajaran peserta didik yang menekankan pada nilai-nilai moralitas yang terkandung dalam Al-Qur‟an dan Hadis. Kajian filsafat ilmu pendidikan Islam terbagi menjadi 3 yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Ontologi membahas tentang 1). hakikat tujuan pendidikan Islam yaitu pengembangan dan pembentukan manusia yang selalu berlandaskan Al-qur‟an dan Hadist, 2). hakikat manusia sebagai subjek pendidikan karena manusia mempunyai akal, hati dan santun, manusia diberi kebebasan berfikir serta berkewajiban mempertanggungjawabkan output dari proses berfikir. Sedangkan 3) hakikat kurikulum pendidikan Islam yang mempunyai peranan penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yaitu menjadikan peserta didik memiliki kemampuan afektif, kognitif, psikomotorik dan berakhlakul karimah yang berlandaskan pada tauhid.
Kajian Epistemologi mencakup 1). Dimensi pengetahuan yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu pengetahuan tentang alam, sejarah dan manusia, 2). Sumber pengetahuan adalah Allah SWT yang tercantum dalam Al-qur‟an dan Hadist, serta 3) Pengujian kebenaran dilakukan dengan korespondensi, koherensi dan pragmatis dengan menggunakan 3 daya yang dipakai untuk memahami kebenaran yakni pikiran, akal dan nurani.Sedangkan kajian aksiologi membahas tentang nilai yang mencakup kemanfaatan di dunia dan akhirat sehingga terbentuk kepribadian muslim yang humanis dan religious.
Kata Kunci: Ilmu Pendidikan Islam, Filosofis

Keywords


Ilmu Pendidikan Islam, Filosofis

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Ta‟dib, Vol.XIX, No. 01, Edisi Juni 2014.

Daradjat, Z . 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara : Jakarta (Cetakan ke-11).

Kosim, M. 2008. Ilmu Pengetahuan dalam Islam (Perspektif Filosofis dan Historis). Tadris. Vol. 3, No. 2. 2008.

Mustakim, M. 2012. Ontologi Pendidikan Islam (Hakikat Pendidikan dalam Perspektif Islam). Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid”, Vol.1, No.2, Juli 2012.

Nata, A. 2010. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner. PT raja Grafindo Persada: Jakarta.

Rahman, A. 2012. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi. ISSN : 0216-6437. Jurnal Eksis, vol 8 No.1, Maret 2012 : 2001-2181.

Ramayulis. 2010. Metode Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia : Jakarta.

Suriasumantri, J.S. 2007. Filsafat Ilmu. PT. Pancaranintan Indahgraha: Jakarta.

Syaifuddin, R. 2013. Epistemologi Pendidikan Islam dalam Kacamata Al-Ghazali dan Fazlur Rahman. Episteme, Vol. 8, No.2, Desember 2013.

Tafsir, A.2013. Ilmu Pendidikan Islami. PT Remaja Rosdakarya : Bandung (Cetakan II)

Zamrony. Arah Baru Pendidikan Islam : Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Mokhotomik. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang : Malang.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i2.1346

Article Metrics

Abstract view : 2116 times
PDF - 751 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.