MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHASSUS (Evaluasi Pembelajaran Qiroatul Kutab di MA.Matholiul Huda Bugel Jepara)

Subaidi Subaidi, Abd. Hamid

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran tahassus berupa evaluasi Pembelajaran Qiroatul Kutab di Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Jepara. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Memperoleh gambaran tentang relevansi program Qiroatul Kitab dengan kebutuhan siswa; 2) Mendapatkan gambaran tentang karakteristik input yang terlibat dalam program Qiroatul Kitab; 3) Mendapatkan gambaran tentang proses belajar mengajar Qiroatul Kitab; dan 4) Mengetahui seberapa baik keberhasilan program Qiroatul Kitab diMA Matholi’ul Huda Bugel. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi terlibat dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan: 1) adanya Evaluasi Konteks, 2) adanya evaluasi input, yang meliputi guru, siswa, dan ketersedian fasilitas belajar yang dibutuhkan dalam pelaksanan program Qiroatul Kitab cukup, 3) adanya evaluasi proses, berupa Persiapan
mengajar guru, Penilaian terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti program Qiroatul Kitab, Penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar secara umum, Pelaksanaan penilaian proses pembelajaran termasuk cukup baik, dan hambatan dalam pelaksanaan program Qiroatul Kitab yaitu masalah guru kurang menguasai iptek dalam penggunaan media pembelajaran, siswa banyak dari madrasah umum yang dasarnya kurang memahami ilmu keagamaan, dan sumber belajar kurang. 4) adanya evaluasi produk berupa Hasilbelajar siswa mata pelajaran Qiroatul Kitab dinilai cukup. Dapat diketahui dari penilaian terhadap penguasaan, kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa termasuk kategori cukup baik. Ini membutuhkan keseriusan semua pihak madrasah agar mendorong orang tua mau berpartisipasi dalam memotivasi belajar siswa di rumah pada mata pelajaran keagamaan khususnnya Qiroatul Kitab yang selama ini dirasa kurang.
Kata kunci: manajemen pembelajaran, mapel tahassus, Madrasah Aliyah.

Keywords


manajemen pembelajaran, mapel tahassus, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Ibnu, W-Stats: Validasi Context, Input, Process, Product, Semarang, 2013.

Sudjana,D. (2000). Strategi pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Suharsimi,A. & Asnah, S. (2000). Pengembangan progam muatanlokal. Jakarta: Universitas Jakarta




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i2.1342

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.