KRITERIA SEORANG GURU BAHASA ARAB

Abdur Rosyad Syuhudi

Abstract


Abstrak:
Guru merupakan penggerak utama jalannya roda perkembangan pendidikan. Guru yang baik adalah yang bisa memberikan suasana yang aman dan menyenangkan serta menggunakan metode yang tepat, sehingga siswa dapat belajar dengan tenang.Guru bahasa Arab mempunyai kriteria yang berbeda dengan guru-guru mata pelajaran lainnya. Peran seorang guru dalam menyajikan palajaran bahasa Arab, sangat besar.Penulis ingin mengutarakan kriteria– kriteria guru bahasa Arab, dengan mengajuka beberapa pertanyaan berikut : a. Apakahguru penutur asli (native speaker) lebih baikdari guru bukan penutur asli,b. Apakah guru cukup dengan penguasaanya terhadap materi bahasa Arab? c. Perlukah seorang guru bahasa Arab mengtahui ilmu bahasa atau linguistik? d.Apakah seorang guru bahasa Arab harus mempunyai pengetahuan pedagogik? e. Apakah guru bahasa Arab harus memiliki pengetahuan psikologi? f. Apa saja sifat-sifat seorang guru bahasa Arab?
Kata kunci: Kriteria Guru, Bahasa Arab.

Keywords


Kriteria Guru, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abd Alim Ibrahim (1968), al-Muajjih al-Fanny li- Mudarris al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo.Dãral-Ma’ãrif.

Abd. ‘Ăli, Abd.Mun’im ),Thuruq Tadrîs al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo. Maktabah Gharîb.

Ahmad, Muhammad Abd.Qadir (1984),Thuruq Ta’lim al-Lughah al-

Arabiyyah. Kairo. Maktabah al-Nahdhah.

Ahmad, Muhammad Abd.Qadir (1982),Thuruq Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li al-Mubtadiîn. Kairo. Maktabah al-Nahdhah.

Arsyad, Azhar (2010), Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya,Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Abd. Aziz, Shaleh, (1966), at-Tarbiyah wa Thuruq al-Tadrîs, Kairo. Dãral-Ma’ãrif.

Abd. Aziz, Shaleh, (1969), at-Tarbiyah al-Hadîtsah: Mãdatuha, mabãdi’uha, Tathbîqõtuha ‘Amaliyyah, Kairo. Daral-Ma’arif.

Abd.Aziz, Qushi (1970). Ilmu al-Nafsi, Usûsuhu wa Tathbîqotuhu al-Tarbawiyyah. Kairo. Al-Hahdhah al-Misriyyah.

Abd.Aziz, Abd Hamid (1961), al-Lughah al-‘Arabiyyah: Ushuluha al-Nafsiyyah wa Thuruq Tadrisiha.Kairo. Dãral-Ma’ãrif.

Ali Al-Jumbulathi wa Abu al-Futuh (1973), al-Ushûl al-Hadîtsah fi Tadrîs, al-Lughah al-‘Arabiyyah wa al-Tarbiyyah al-Dîniyyah. Kairo. Al-Nahdhah al-Misriyyah.

Al-Dailami Dan al-Nãqah (2004), Asãlîb Hadîtsahfi Tadriis al-Lughah al-‘Arabiyyah. Kairo. Dar al-Surûq.

Effendi, Ahmad Fuad (2003), Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang. Penerbit Misykat.

Ali, al-Hadidi (1976), Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah li-Ghair al-Nãthiqîna biha. Bahtsun Muqaddamun li-Mu’tamar Ittiha al-Mu’allimin. Khartoum.

Ali Muhammad al-Qasimi (1979), Ittijãhãt Hadîtsah fi Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah li-al-Nathiqîn bi al-Lughat al-Ukhra. Riyadh. Jami’ah al-Riyadh.

Ali, al-Hadidi, Musykilah Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghair al-‘Arab. Kairo. Dar al-Katib al-‘Araby.

Fathi Ali Yunus (1981), AsasisiyatTa’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah wa al-Tarbiyyah al-Dîniyyah. Kairo. Dar al-Tsaqofah.

Gurrey, P. (1974), Teaching English as aa Foreign Language. London. Longmen Ghoup Limited.

Hammadah, Ibrahim (1987), al-Ittijãhãt al-Mu’ãshirah fi Tadriis al-Lughah al-‘Arabiyyah waal-Lughãt al-Hayyah al-Ukhrã li Ghayr al-Nathiqîna Biha. Kairo. Dãr al Fikri al-‘Araby.

Izzan, Ahmad (2007), Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung. Humaniora.

Ismail, Nabih Ibrahim (1981), al-Usus al-Nafsiyyah li Ta’lîm al-Lughah al-Arabiyyahli Ghair al-Nãthiqîna Biha. Kairo. Maktabah al-Anjelo al-Misriyyah.

Qûrah, Husen Sulaiman (1986), Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Wa al-Dîn al-Islami.Kairo. Dar al-Ma’ãrif.

Al-Rukkaby, Jaudat (1996),Thuruq Tadrîs al-Lughah al-‘Arabiyyah. Libanon. Dar al-Fikri al-Mu’ãshir.

Syuhudi, Abdur Rosyad (2004), Muhãdharãt fi Thuruq Ta’lîmal-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha. Brunei Darussalam.

Syuhudi, Abdur Rosyad (1993), al-Mûzaz fi Thuruq Tadrîsal-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-‘Arab. Brunei Darussalam.

Syuhudi, Abdur Rosyad at al (2013), al-Mursyi al-Jadid fi Thuruq Tadrîsal-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha. Yogyakarta.Maktabah Tsalatsah.

Syuhudi, Abd.Rosyad, (1992), al-Sijl al-Ilmi li al Mu’tamar al-Dduali fiTa’lîm al-Lughah al-Arabiyyah li Ghair al-Nãthiqîna Biha. Brunei Darussalam. Universiti Brunei Darussalam.

Thoîmah, Rushdi Ahmad (1989), Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Nathiqina Biha.al-Ribãth. Aisisco.

Thorndike, E.L. (1913), The Psychology of Learning (Educational Psychology). New York. Teacher College.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i2.1341

Article Metrics

Abstract view : 396 times
PDF - 535 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.