KOMPETENSI PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLSAM

Nur Amirul Mu'minin, Azizil Muchtar, Lailah Zakiyaturrobi’ah

Abstract


Abstrak:

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang diperoleh seseorang untuk dapat melakukan sesuatu dengan baik. Dengan demikian kompetensi merupakan kemampuan yang harus dimiliki seseorang baik pengetahuan, keterampilan, maupun nilai dan sikap untuk melakukan suatu pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain yang tidak memiliki kemampuan tersebut. Dan seorang guru yang profesional seharusnya memiliki 4 kompetensi yaitu:Kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik, Kompetensi kepribadian, merupakan penguasaan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia, Kompetensi sosial, merupakan kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik/tenaga kependidikan lain, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar, Kompetensi profesional, merupakan kemampuan dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi. Kompetensi profesional guru merupakan kompetensi yang menggambarkan kemampuan khusus yang sadar dan terarah kepada tujuan-tujuan tertentu. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga tidak jauh beda, mereka juga harus menguasai kompetensi-kompetensi tersebut. Namun, lebih menekankan kepada aspek moral dan tingkah laku.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Pendidikan Agama Islam

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

B.Uno, Hamzah, Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pai,Palembang: Rafah Press, 2010.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muslich, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konteksrual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Roqib, Moh. dan Nurfuadi, Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan, Yogyakarta: Grafindo Litera Media. 2009.

Undang-Undang Guru dan Dosen, Bandung: FOKUSMEDIA, 2011.

Wahyudi, Imam, Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Prestasi Pustakatya, 2012.

Umam, Khaerul,Perilaku organisasi, Bandung: CV Pustaka setia, 2012.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i1.1339

Article Metrics

Abstract view : 1163 times
PDF - 1351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.