PENDIDIKAN NILAI: UPAYA MENGATASI KONFLIK IDENTITAS DAN KRISIS NILAI

Ahmad Saefudin, Subaidi Subaidi

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini mendeskripsikan pentingnya pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi konflik identitas pada diri peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk menjawab beberapa pernyataan fundamental antara lain; (1) memahami terminologi nilai dan pendidikan nilai, (2) mengelaborasi strategi dan landasan pendidikan nilai, dan (3) mengetahui urgensi pendidikan nilai. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analitik. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Nilai adalah sesuatu yang dipandang baik, bermanfaat, dan paling benar menurut keyakinan seseorang atau sekelompok orang. Pendidikan nilai ialah penanaman dan pengembangan nilai-nilai dalam diri peserta didik, 2) strategi pendidikan nilai meliputi value identifications (identifikasi nilai), activity (kegiatan), learning aids (alat bantu belajar), unit interaction (interaksi kesatuan), dan evaluation segment (bagian penilaian). Adapun landasan yang digunakan adalah landasan filosofis, psikologis, sosial, dan estetik, dan 3) urgensi pendidikan nilai adalah untuk mengatasi konflik identitas dan krisis nilai dalam diri peserta didik.

 

      Kata kunci: pendidikan nilai, konflik identitas, krisis nilai

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogyakarta: Kanisius, 2012.

Al Munawar, Said Aqil Husin, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, cet. ke-2, Jakarta: PT. Ciputat Press, 2005.

Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam, cet. ke-12, Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, cet. ke-2, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Buseri, Kamrani, Nilai-Nilai Ilahiah Remaja Pelajar, cet. ke-1, Yogyakarta: UII Press, 2004.

Kaswardi, EM. K., Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, cet. ke-2, Jakarta: PT. Grasindo, 1993.

Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, terj. Lita S., cet. ke-1, Bandung: Nusa Media, 2013.

Linda dan Richard Eyre, Mengajarkan Nilai-Nilai kepada Anak, terj. Alex Tri Kantjono Widodo, cet. ke-2, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Mansbach,Richard W. & Kirsten L. Rafferty, Pengantar Politik Global, terj. Amat Asnawi, cet. ke-1, Bandung: Nusa Media, 2012.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, cet. ke-2, Bandung: Alfabeta, 2011.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Rohman, Arif, Guru dalam Pusaran Kekuasaan: Potret Konspirasi dan Politisasi, cet. ke-1, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.

Susilo, Sutarjo Adi, Pembelajaran Nilai-Karakter; Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, cet. ke-2, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i1.1336

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.