KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Mata Pelajaran Tahassus di MA. Matholi'ul Huda Bugel Jepara)

Abd. Hamid, Subaidi Subaidi

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini mendeskripsikan tentang kebijakan pendidikan Islam dalam sebuah analisis kebijakan pendidikan Islam dalam mata pelajaran tahassus yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini, arus masuk-keluar barang dan juga pertukaran tenaga kerja dengan bebas tidak bisa dihindari.Kemajuan teknologi menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa menjadi dilemma, selain untuk kegiatan yang bermanfaat juga rawan dari kejahatan.Seiring perkembangan zaman tersebut, pendidikan Islam merasa tertantang untuk membekali manusia Indonesia dengan akhlaq mulia agar manusia Indonesia tidak tererumus paham materialisme saja.Karena pendidikan Islam mengajarkan keseimbangan antara dunia dan akhirat.
Untuk itu MA.Matholi'ul Huda Bugel Jepara mempersiapkan putra-putrinya dengan membekali mereka dengan ilmu-ilmu agama disamping ilmu-ilmu umum lainnya.Ilmu-ilmu tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi benteng yang kuat sekaligus bekal yang sangat penting dalam mengarungi kehidupan di masyarakat.
Ilmu-ilmu agama, khususnya mata pelajaran Takhasush yang diajarkan di MA Matholi'ul Huda Bugel Jepara melalui kebijakan madrasah merupakan inovasi dan pengembangan kurikulum dari pemerintah, sehingga sangat mendukung program pemerintah dalam mencetak generasi yang siap pakai dan berkepribadian yang kuat.
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tidaklah mudah, banyak dari peserta didik yang masih enggan atau kurang mampu untuk mempelajari kitab-kitab salaf karena berbagai alas an terutama latar belakang peserta didik berasal. Banyak dari mereka yang memandang mata pelajaran Takhasus masih dianaktirikan sehingga hasil belajarnya kurang maksimal.
Kata Kunci: kebijakan pendidikan Islam, mata pelajaran tahassus, Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Jepara.

Keywords


kebijakan pendidikan Islam, mata pelajaran tahassus, Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Jepara.

Full Text:

PDF

References


Perpustakaan Nasional, Undang Undang Dasar 1945 (Amandemen I-IV), Jakarta, Pustaka Zeedny, 2010.

Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Permendiknas Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Pengemabangan Muatan Lokal.

Kementerian Agama RI, Lampiran SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2676 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

MA Matholi’ul Huda Bugel, Dokumen Kurikulum, Jepara, 2015.

http://jasafadilahginting.blogspot.co.id/2011/10/kebijakan-pendidikan-agama-islam-di.html//diakses 05 Maret 2014.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v2i2.1333

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.