GURU PROGRESIF (TELAAH PEMIKIRAN PAULO FREIRE TENTANG PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN)

Ahmad Saefudin, Subaidi Subaidi

Abstract


Abstrak Penelitian ini mendeskripsikan tentang guru progresif yang di tawarkan oleh Paulo Freire terkait dengan pendidikan yang membebaskan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui guru progresif menurut Paulo Freire antara lain; (1) mengetahui bagaimana pandangan Paulo Freire tentang guru progresif, (2) mengetahui pemaknaan istilah progresif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian interpretatif. Hasil penelitian ini mencakup lima hal, antara lain: 1) progresivisme kurang sepakat dengan pendidikan yang bercorak otoriter, 2) konsentrasi perhatian progresivisme selalu bergerak maju (progres), 3) progresivisme menjunjung tinggi pengalaman sebagai ciri dinamika hidup, 4) progresivisme tidak saja mengakui ide-ide, teori-teori, atau cita-cita sebagai hal yang ada, tetapi yang ada itu harus dicari artinya bagi suatu kemajuan atau maksud-maksud baik lain, 5) progresivisme mengharuskan manusia dapat memfungsikan jiwanya untuk membina hidup di tengah persoalan yang menghimpit.

Kata kunci: guru progresif, pendidikan membebaskan, Paulo Freire.


Keywords


guru progresif, pendidikan membebaskan, Paulo Freire.

Full Text:

PDF

References


Escobar, Miguel, dkk. (eds.), Dialog Bareng Paulo Freire; Sekolah Kapitalisme yang Licik, terj. Mundi Rahayu, cet. ke-1, Yogyakarta: LkiS, 1998.

Freire, Paulo, Pendidikan Kaum Tertindas, cet. ke-7, Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2011. ______, Pendidikan sebagai Proses; Surat-menyurat Pedagogis dengan Para Pendidik Guinea-Bissau, terj. Agung Prihantoro, cet. ke-1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000. ______, Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, terj. Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto, cet. ke-6, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007. Illich, Ivan, Deschooling Society, London: Marion Boyars Publishers, 1974. Iman, Muid Sad, Pendidikan Partisipatif; Menimbang Konsep Fitrah dan Progresivisme John Dewey, cet. ke-1, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004. Langeveld , M. J., Padagogik Teoritis-Sistematis, tt.p: t.p.,t.t. McLaren, Peter dan Peter Leonard, Paulo Freire; A Critical Encounter, London: Routledge, 1993. O’neil, William F., Ideologi-Ideologi Pendidikan, terj. Omi Intan Naomi, cet. ke-2, Yogyakarta: LKiS, 2008. Shor, Ira dan Paulo Freire, Menjadi Guru Merdeka; Petikan Pengalaman, terj. A. Nashir Budiman, cet. ke-1, Yogyakarta: LKiS, 2001. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal1ayat(1)




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v2i2.1331

Article Metrics

Abstract view : 443 times
PDF - 454 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTELEGENSIA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.