ALGORITMA NAÏVE BAYES BERBASIS FORWARD SELECTION UNTUK PREDIKSI BIMBINGAN KONSELING SISWA

M. Rudi Fanani, Syamsul Ma’Arif

Abstract


Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah adalah cara membantu siswa dalam mengembangkan kepribadian, sikap sosial, pembelajaran, pengembangan karir dan perencanaan. Kegiatan Bimbingan dan Konseling juga berperan dalam menyikapi perilaku menyimpang para siswa yang ditunjukkan para siswa baik masih berada dalam limgkup sekolah dan juga luar sekolah. Dalam menentukan kegiatan bimbingan konseling, guru bimbingan konseling dapat memberikan penilaian sejauh mana peningkatan perilaku siswa di sekolah. Namun penentuan rekomendasi bimbingan dan konseling kurang akurat dikarenakan harus berdasarkan pengetahuan dan pengolahan banyaknya data yang ada sehingga diperlukan sebuah perhitungan yang menerapkan metode prediksi dengan teknik data mining. Salah satu teknik data mining adalah Naïve Bayes yang menggunakan teknik klasifikasi, yang mampu menghasilkan nilai akurasi sebesar 94.55% dan juga dalam penelitian menerapkan fitur seleksi yang digunakan sebagau pemilihan fitur yang berpengaruh terhadap klasifikasi guna meningkatkan akurasi. Fitur seleksi yang digunakan adalah Forward Selection yang mampu meningkatkan akurasi menjadi 94.84% dengan membuang beberapa fitur yang tidak relevan terhadap klasifikasi dan menjadikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan metode Naïve Bayes saja.

Keywords


Bimbingan Konseling; Forward Selection; Klasifikasi; Naïve Bayes; Prediksi.

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. P., & Arief, M. (2015). Analisis Prediksi TIngkat Ketidakdisplinan Siswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Seminar Nasional Teknologi dan Informasi Multimedia. Sleman.

Bustami. (2014). Penerapan Naive Bayes untuk Menklasifikasi Data Nasabah Asuransi. Jurnal Informatika, VIII, 1-15.

Dash, M., & Liu, H. (1997). Feature Selection for Classification. Intelligent Data Analysis, 131-156.

Gorunescu, F. (2011). Data Mining Concepts, Models, and Techniques. Berlin: Chennai.

Han, J., & Kamber, B. (2006). Data Mining Concepts and Techniques. San Francisco: Diane Cerra.

Hermawati, L. (2015). Penggabungan Algoritma Backward Elimination dan Naive Bayes Untuk Mendiagnosis Penyakit Kanker Payudara. Teknik Informatika Vol. 11, 42-45.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 447-454.

Kholis, N. (2011). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 1-11.

Kohavi, R. (1995). A Study of Cross-Validation and Bootstrap for Accuracy Estimation and Model Selection. Stanford: Artificial Intelligence.

Lieng, J., Kencana, I., & Oka, T. (2014). Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier dengan Seleksi Fitur Chi Square. Jurnal Matematika Vol. 3, 92-99.

Nania, M., & Purwanto. (2015). Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Forward Selection Untuk Prediksi Harga Komoditi Lada. Jurnal Pseudocode Vol. II, 53-64.

Prabowo, D. R. (n.d.). Prediksi Nasabah yang Berpotensi Membuka Simpanan Deposito Menggunakan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization. Jurnal Informatika, 1-10.

Reif, M., & Shafait, F. (2014). Efficient Feature Size Reduction via Predictive Forward Selection. Pattern Recognition, 1664-1673.

Saraswati, N. (2011). Text Mining dengan Metode Naive Bayes Classifier dan Support Vector Machines untuk Sentiment Analysis. Denpasar: Universitas Udayana.

Sarjilah. (n.d.). Layanan Bimbingan Konseling di SMA. Yogyakarta: Widyaiswara LPMP.

Suwondo, & Santoso, S. (2014). Credit Scoring Menggunakan Metode Support Vector Machine Dengan Teknik Seleksi Atribut Berbasis Chi Squared Statistic dan Particle Swarm Optimization. Jurnal Teknologi Informasi, 10 (1414-9999), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v11i1.952

Article Metrics

Abstract view : 732 times
PDF - 438 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.