EVALUASI TEBAL PERKERASAN JALAN RAYA SECANG-MAGELANG MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN

Sudarno Sudarno, Akhmad Nurul Falakh, Nazila Dewi Navitasari

Abstract


ABSTRACT
Road is one of the land transportation infrastructure that has an important role for economic growth, social-culture, tourism development, and defense of security to support national development. In this study the thickness analysis of pavement using Bina Marga method 1987 with the age of 10 years to come. This overlay planning calculation uses Laston MS 340 where the average field CBR data using Dynamic Cone Penetrometer (DCP) with a conical size of 600 is 35.2. Then from the data obtained the value of Land Supporting Capacity (DDT) of 8.4 and the average 5-year Average Lifecycle (LER) value of 550.4 and for the second five years 1195.57. From the overall calculation, it is known that the surface layer thickness is 7.5 cm, so the road does not require overlay.

Keyword: Pavement, Evaluation

ABSTRAK
Jalan merupakan salah satu prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian, sosial-budaya, pengembangan wilayah pariwisata, dan pertahanan keamanan untuk menunjang pembangunan nasional. Pada penelitian ini analisis tebal lapis perkerasan jalan menggunakan metode Bina Marga 1987 dengan umur rencana 10 tahun yang akan datang. Perhitungan perencanaan overlay ini menggunakan Laston MS 340 dimana data CBR lapangan rata-rata menggunakan Dynamic Cone Penetrometre (DCP) dengan ukuran konus 600 sebesar 35,2. Kemudian dari data tersebut diperoleh nilai Daya Dukung Tanah (DDT) sebesar 8,4 dan nilai Lintas Ekuivalen Rata-Rata (LER) lima tahun pertama 550,4 dan untuk lima tahun kedua 1195,57. Dari hasil perhitungan keseluruhan diketahui bahwa tebal lapis permukaan sebesar 7,5 cm, sehingga jalan tersebut belum memerlukan pelapisan ulang (overlay).

Kata kunci: Lapis Perkerasan, Evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. Said. & Wesli., 2014. Studi Korelasi Daya Dukung Tanah dengan Indek Tebal Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga. Jurnal Teras, Volume 4, p. 62.

Andriansyah; Pratomo, Priyo; Ali, Hadi., 2016. Optimalisasi Tebal Perkerasan pada Pekerjaan Pelebaran Jalan dengan Metode MDPJ 02/M/BM/2013 dan Pt T-01-2002-B. JRSDD, Volume 4, p.114.

Azwarman., 2015. Kajian Nilai Daya Dukung Tanah Dasar Menggunakan Dynamic Cone Penetrometer dan CBR In Place. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volume 15, p. 151.

Departemen Pekerjaan Umum. Rancangan 3. Cara Uji CBR dengan Dynamic Cone Penetrometer. https://www.academia.edu/6482454/RANCANGAN_3_PEDOMAN_Cara_uji_CBR_dengan_Dynamic_Cone_Penetrometer_DCP_DEPARTEMEN_PEKERJAAN_UMUM_Daftar_isi. Diakses pada 09 Januari 2018 pukul 14.25.

Fitriana, R., 2014. Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perekerasan Kaku Jalan Tol Mneggunakan Metode Bina Marga 2002 dan Aastho 1993. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lengkong, I. L. Prisila., 2013. Hubungan Nilai CBR Laboratorium dan DCP pada Tanah yang Didapatkan pada Ruas Halan Worilikupang Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Sipil Statik , Volume 1, p.369.

Oetomo, Wateno., 2013. Alternatif Lain Analisis Struktur Jalan Perkerasan Lentur pada Pembangunan Lingkar Selatan Kota Pasuruan. Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, Volume 06, p. 120.

Pradani, N. &Fithriayuni , D., 2016. Analisis Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan PD T-1-2002-B Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) dan Meode Nottingham pada Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu. Jurnal Fropil, Volume 4, p. 141.

Setyowati, S., 2011. Penilaian Kondisi Perkerasan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Peningkatan Jalan dan Perhitungan Rancangan Anggaran Biaya pada Ruas Jalan Solo-Karanganyar KM 4+400+11+050. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sriharyani, L. & Oktami D., 2016. Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Untuk Uji Lapangan pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron (Studi Kasus di Bandar Udara Raden Inten II Lampung). Jurnal Tapak, Volume 5, p. 92.

Utama, A. K. W., 2016. Analisis Perkerasan Jalan dengan Metode Analisa Komponen Ruas Jalan Magelang KM 10-12. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Yuliatai, Fitria., 2012. Evaluasi Parameter Koefisien Distribusi Kendaraan (C) untuk Jalan Tipe 4/2UD untuk Perhitungan Tebal Perkerasan Lentur Cara Bina Marga (Studi Kasus: Jl. Yoyakrta-Magelang Km 21-22 dan Jl. Jendral Ahmad Yani Magelang. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Zainul, M, Arifin; Gagoek S P; Ramadhani Dwi., 2007. Analisa Efektifitas Fasilitas Zebra Cross pada Jl. MT Haryono dan Jl. Gajayana. Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 1, p. 14.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v9i2.803

Article Metrics

Abstract view : 1349 times
PDF - 1536 times



Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.