PENERAPAN MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT MENGUNAKAN SOCIAL MEDIA CONTENT MARKETING BAGI UMKM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Esti Wijayanti

Abstract


Pemasaran sangat penting bagi pengusaha yang memprduksi barang yang dihasilkan. Pada persaingan global ini pengusaha harus mencari solusi untuk menghadapi pasar bagaimana cara untuk memasarkan barang produksi agar laku dan diterima pada masyarakat luar. Salah satu solusi untuk menyebarkan informasi dengan cara menempelkan brosur yang isinya mengenai kualitas barang produksi, informasi dari tetangga dan benner. Pemarasan yang sekarang ini sedang mengema di masyarakat adalah dengan cara memanfaatkan teknologi internet, yaitu melalui situs internet (website) yang dapat diakses di seluruh dunia. Website ini dapat digunakan sebagai sarana promosi pemasaran produksi umkm di Kudus. Sebelum membangun website tersebut diperlukan analisa dan perancangan agar sistem yang dihasilkan dapat semaksimal mungkin. Dengan pemodelan Unified Modelling Language dan bahasa pemrograman php serta database mysql, dan social media content marketing (SMCM) merupakan pendekatan penelitian untuk mengeksplorasi variasi dalam pengalaman pemasaran masyarakat tentang menggunakan informasi, pengembangan sistem informasi berbasis website mampu memberi informasi dihasilkan website yang dapat digunakan sebagai media informasi untuk mengetahui produk barang umkm di Kudus.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v10i1.661

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 5 times

ISSN. 2548-4168

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

1 Google Scholar 2 BASe 4 Onsesearch3 Garuda