Perancangan UIUIX Aplikasi Travel Wisata Etnis Dalam Penggunaan Metode Design Thinking

Sahenda Yoanas, Nanik Susanti

Abstract


Ethnic traveling is a tour that aims to get to know the culture and diversity that exists in a region. Our society needs to know and recognize the ethnicity or culture that exists in the region, from children, adults and parents who want to travel culturally or ethnically, need knowledge about a region. Certified Independent Study, this provides a platform for UI/UX designers to create mobile-based travel application designs. The purpose of this design on ethnic or cultural travel I applied to enable a better understanding of diversity and culture. Traveling to ethnic trips that provide information about things ranging from local cultural potential, high-quality local products, safety, cleanliness, order, comfort, beauty, friendliness, and memory are seven magic words that can be used by tourism instructors. In today's digital development, it is undeniable that the use of various mobile and web applications is an essential part of daily life. Thus, UI/UX is very important for users to be interested in exploring the platform and in this research using the Design Thinking method, ensuring that users get a pleasant experience from a given product.

 

Berwisata etnis merupakan wisata yang bertujuan untuk mengenal budaya dan keberagaman yang ada pada wisuatu wilayah. Masyarakat kita perlu tau dan mengenal etnis atau budaya yang ada di kedaerahan, dari anak-anak, dewasa dan orang tua yang ingin melakukan perjalanan budaya atau etnis, membutuhkan pengetahuan tentang suatu daerah. Studi Independen Bersertifikat, hal ini memberikan wadah bagi designer UI/UX untuk membuat desain aplikasi travel berbasis mobile. Tujuan perancangan ini tentang wisata etnis atau kebudayaan saya terapkan untuk memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman dan kebudayaan. Berwisata ke perjalanan etnis yang memberikan informasi tentang hal mulai dari potensi budaya local, produk lokal berkualitas tinggi, keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, keramahan, dan ingatan adalah tujuh kata sakti yang dapat digunakan oleh penyuluh pariwisata. Pada perkembangan digital saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan berbagai aplikasi mobile dan web itu penting dari kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, UI/UX sangat penting untuk pengguna agar tertarik untuk mengeksplorasi platform dan pada penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari produk yang diberikan.


Keywords


Wisata Etnis; UI/UX; Design Thinking; Budaya Lokal;

Full Text:

PDF

References


M. Marwanto, “Peran dan fungsi pariwisata karimunjawa terhadap peningkatan bahasa indonesia,” Indones. J. Muhammadiyah Stud., vol. 4, no. 1, pp. 40–48, 2023, [Online]. Available: http://ijmus.muhammadiyahsalatiga.org/index.php/ijmus

G. Karnawan, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

A. N. U. R. Siam and A. Fauzi, “Penggunaan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI / UX Mobile Aplikasi Prevent ( Studi Kasus : Studi Independen Alterra ),” vol. 8, no. 2, pp. 130–141, 2023.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. Fatimah Azzahra, “Redesain Website Desa Wisata Branjang Menggunakan Metode Design Thingking,” Eastasouth J. Posit. Community Serv., vol. 1, no. 02, pp. 45–54, 2023, doi: 10.58812/ejpcs.v1i02.66.

V. Nathaniel and F. D. Adhinata, “Redesain Tampilan Website Repository Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Pengujian Menggunakan Usability Testing,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 6, no. 2, p. 91, 2023, doi: 10.25273/doubleclick.v6i2.15230.

M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

F. S. Rupa, “AKSI KONSERVASI EKOSISTEM LAUT, LUKISAN TEKNIK DIGITAL Nadine Elena Harun 1 , Agoes Salim 2 , Tri Aru Wiratno 3,” pp. 52–64, 2022.

R. S. Sasmita, “Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 1, pp. 1–5, 2020.

I. Alfiansyah and M. N. Lubaba, “Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi,” J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 9, no. 3, pp. 687–706, 2022.

B. Nala Cantika and Y. A. Susetyo, “Perancangan UI/UX Design Aplikasi Pemesanan Sayur Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 7, no. 2, pp. 618–629, 2023.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v15i2.6158

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 10 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.