RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) RUMAH MINIMALIS BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN JEPARA

Sarwido Sarwido, Dony Hermawan

Abstract


Rencana Anggaran Biaya merupakan (RAB) merupakan proses utama dalam perencanaan kegiatan pembangunan dan dasar untuk membuat perencanaan sistem pembiayaan serta kerangka jumlah perhitungan yang akan dikeluarkan. RAB diperlukan untuk mempertimbangkan suatu pembangunan atau proyek dengan banyaknya biaya untuk bahan, gaji pekerja, serta biaya yang berkaitan dengan pembangunan. Maka dibuatlah sistem informasi RAB berbasis android yang berguna untuk masyarakat luas sebagai referensi dalam menentukan buget dalam membuat rumah minimalis dengan type 21, 36 dan 45, dimana dengan sistem ini masyarakat dapat melihat perhitungan dimana saja dan kapan saja serta bisa merubah harga satuan yang diinginkan dan melihat total biaya yang diinginkan. Dalam penegembangan sistem aplikasi ini menggunakan metode RAD (Rapid Aplication development) karena dinilai cukup efisien, dan membangun aplikasi menggunakan software Android Studio dengan bahasa pemrograman Kotlin. Hasil dari sistem ini dapat memudahkan masyarakat dalam menentukan biaya membangun rumah minimalis, memberikan informasi perhitungan yang selektif dan akurat. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Ahli Materi dengan Hasil persentase 100%, Ahli Media dengan persentase 86,6% dan Angket Responden dengan persentase 90,6%, dapat disimpulkan bahwa aplikasi informasi perhitungan RAB rumah minimalis ini sangat layak untuk digunakan sebagai informasi pembangunan rumah minimalis.

 


Keywords


Rencana Anggaran Biaya, RAD, kotlin, Android Studio.

Full Text:

PDF

References


Z. KOMBIH, “Desain Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Berbasis Web Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP,” Tek. Sipil, vol. 4, p. 2, 2016.

A. B. Wandanaya and A. Wicaksono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Rencana Anggaran Biaya ( Rab ) Perusahaan Berbasis Web Pada Pt . Bumitangerang Mesindotama,” vol. 4, no. 2, pp. 110–120, 2018.

M. Ridwan, “Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (Rab) Pembangunan Rumah Tinggal.,” Ranc. Bangun Apl. Perhitungan Rencana Anggar. Biaya, vol. 4, no. 1, pp. 57–64, 2018.

R. N. Hendri, Saputra and D. Kisbianty, “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Pada PT . Zaki Putra Andalas Jambi,” vol. 13, no. 2, 2019.

C. Prihandoyo, I. Arrywibowo, and A. Ayu, “Analisis pengaruh harga, lokasi, bangunan dan lingkungan terhadap keputusan konsumen membeli rumah,” vol. 5, pp. 1–17, 2015.

S. T. Haidar, D. Andreswari, and Y. Setiawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Desain Rumah Minimalis 3D Dengan Menggunakan Analytical Network Process Berbasis Web,” vol. 7, no. 1, pp. 10–21, 2019.

A. Maulana, M. Sadikin, and A. Izzudin, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi – BPPT,” SETRUM Sist. Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 182–196, 2018.

A. Sholecul, Mengupas Lengkap ALL About Android. Jakarta: Lembar Langit Indonesia, 2013.

Developer Android, “Mengenal Android Studio | Android Developers,” Www.Developer.Android.Com, 2018. [Online]. Available: https://developer.android.com/studio/intro/?hl=id#struktur_proyek. [Accessed: 15-Jul-2019].

Kotlinuc, “Kotlin_ – Kotlin,” 15 Oktober, 2018. [Online]. Available: https://kotlinuc.wordpress.com/2018/10/15/kotlin/. [Accessed: 15-Jul-2019].




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v13i2.3514

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 529 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.