ANALISIS FAKTOR K3 YANG MEMPENGARUHI KINERJA PROYEK SAAT PANDEMI (STUDI KASUS GEDUNG MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA KAMPUS II)

Herindo Manik, Veronika Happy Puspasari, Waluyo Nuswantoro

Abstract


Kinerja proyek ialah hasil kerja memobilisasi sumber energi yang ada dari organisasi guna meraih tujuan dalam waktu yang terbatas. Untuk mencapai tujuan proyek dalam waktu singkat, organisasi harus memobilisasi semua sumber daya yang tersedia. Indikator kinerja biaya, kualitas, dan waktu dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu proyek. Survei diserahkan kepada karyawan konstruksi pada proyek pembangunan gedung Kampus II Muhammadiyah Palangka Raya. Regresi linier berganda dan statistik deskriptif digunakan dalam analisis data. Variabel K3 yang dominan pada saat pandemi pada proyek pembangunan gedung Kampus II Muhammadiyah Palangka Raya yang ditentukan dari hasil studi mean dan standar deviasi yaitu 1) Peraturan dan Prosedur K3, 2) Keterlibatan Pekerja, 3) Komunikasi Pekerja. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil faktor K3 yang berpengaruh terhadap Kinerja Proyek saat pandemi pada proyek pembangunan gedung Muhammadiyah Palangka Raya Kampus II yaitu Peranan Manajemen (X2), Kompetensi Pekerja (X5) dan Komunikasi Pekerja (X6).

Keywords


Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pandemi Covid-19, Kinerja Proyek.

Full Text:

PDF

References


Instruksi Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor: 02/IN/M/2020, “Tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi”, Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI, 2020.

Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI Nomor: 18/SE/M/2020, “Tentang Pelaksanaan Tatanan Dan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi”, Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI, 2020.

Rachmania Dwi Maulidina, “Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Bangkalan”. Thesis. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2021.

Martin, W.F., Walters, J.B., “Safety and Health Essentials. Butterworth-Heinemann”, Amsterdam. Netherland, 2001.

UU No. 01. 1970, “Tentang Keselamatan Kerja”, Jakarta: Presiden Republik Indonesia, 1970.

Permen PUPR RI No. 10 Tahun 2021, “Tentang pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi”, Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI, 2021.

Asisyanto, “Construction Project Cost Management”, Jakarta: Penerbit Pradnya Paramita, 2002.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D”, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2010.

Christina dkk, “Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi”, Jurnal Rekayasa Sipil, vol. 6, no. 1, pp 83-95, 2012.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v13i2.3198

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF - 172 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.