Rancangan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berdasarkan Metode SWIFT (studi kasus: Perusahaan Bulu Mata)

Andung Jati Nugroho

Abstract


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi yang merupakan hak setiap tenaga kerja untuk mendapatkan keselamatan dan kesehatan saat di tempat kerja. Kurangnya fasilitas lapangan baik sarana maupun prasarana yang memadai memungkinkan dapat menimbulkan resiko bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masalah K3 di bagian baking atau oven perusahaan bulu mata, dan memberikan saran perbaikan atas masalah yang dihadapi. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi terjadinya potensi bahaya secara sistematis adalah menggunakan metode SWIFT (The Structured What If Analysis). Metode ini dapat digunakan untuk mendesain rancangan sistem keselamatan kerja di stasiun kerja. Bahaya yang sudah teridentifikasi diberikan usulan rekomendasi untuk meminimisasi bahaya yang tejadi. Penentuan rekomendasi dibuat berdasarkan tingkat risiko prioritas utama. Berdasar penelitian analisis resiko pekerjaan menggunakan SWIFT pada bagian baking, dapat disimpulkan bahwa kasus kecelakaan kerja dibagi menjadi 3 jenis yaitu ringan, sedang dan berat. Di dalam penanganan alat baking atau oven terdapat 5 sumber bahaya dengan 5 resiko pada proses baking atau oven, yaitu 1) Uap yang dihasilkan proses oven, 2) Operator menghirup uap panas oven, 3) Operator terpapar uap panas dari oven, 4) Kesalahan tidak memakai APD lengkap, 5) Material bahan baku panas yang diolah terkena operator.

Keywords


K3, OHS, SWIFT, potensi bahaya, SMK3, bulu mata, perancangan sistem

Full Text:

PDF

References


Antony, M,B., 2020. Analisis Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pengoperasian Overhead Crane Menggunakan Metode Swift (Structured What If Technique). Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 4(1), 30-38.

Desrianty, A., Prasetyo, H., Ginanjar, G,. 2012. Rancangan Sistem Keselamatan Kerja Berdasarkan Metode SWIFT (The Structured What-if Analysis). Institut Teknologi Nasional. Bandung.

Fietra, U,H,R., Mulyani, E., Lusiana. 2014. Perencanaan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Pembangunan Perluasan Hotel Mercure 8 Lantai kota Pontianak. JeLAST:Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang. Universitas Tanjungpura.

Luckyta, D, T., Partiwi, S, G,. 2012. Evaluasi Dan Perancangan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (Smk3) Dalam Rangka Perbaikan Safety Behaviour Pekerja (studi kasus : PT. X, Sidoarjo). Jurnal Teknik ITS. Surabaya.

Mahendra, F, T,. 2020. Perancangan Sistem K3 Dalam Aktivitas Praktikum Teknik Industri Berdasarkan Metode Swift (The Structured What-If Analysis) Di Teknik Industri. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Margomgom, L,. Tarigan, S,W., Sembiring, A,C,. 2019. Usulan Perbaikan Sistem Manajemen K3 di PT Libo Sawit Perkasa Siak. Jurnal Universtas Prima Indonesia. Sumatera Utara.

Panjaitan, N. 2017. Bahaya Kerja Pengolahan Rss (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Metode Hazard Identification And Risk Assessment Di Pt. Pqr. Jurnal Sistem Teknik Industri. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara

Yuliandi, C. D., Ahman, E., 2019. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Lingkungan Kerja Balai Inseminasi Buatan (Bib) Lembang. Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v12i1.2007

Article Metrics

Abstract view : 537 times
PDF - 705 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.