ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara–Mlonggo, KM 3+000 s/d KM 5+000)

Ariyanto Ariyanto, Decky Rochmanto, Maharani Nilamsari

Abstract


Ruas jalan Jepara-Mlonggo dikategorikan sebagai jalan kolektor dengan lalu lintas tinggi, dimana jalan ini sering dilalui oleh beberapa kendaraan besar seperti peti kemas, truk pengangkut metrial, truk pengangkut batu sungai, truk semen, dan lain-lain yang mengakibatkan penurunan kualitas pada jalan. Dengan permasalahan diatas maka perlu dilakukan analisis kondisi kerusakan jalan untuk memantau seberapa besar tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3 + 000 sampai dengan KM 5 + 000. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menentukan atau menentukan jenis dan tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga 1990, 2. Mengetahui nilai persentase setiap jenis kerusakan jalan, 3. Mengetahui nilai urutan prioritas jalan sebagai acuan penanganan yang sesuai dengan Bina Metode Marga, 4 Mengetahui penyebab kerusakan jalan secara umum. Populasi penelitian pada ruas jalan Jepara-Mlonggo berjarak 2 Km dengan jumlah keseluruhan 20 ruas dengan jarak antar ruas 100 m. Pengumpulan data menggunakan survei visual dan survei LHR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan Jepara-Mlonggo adalah Nilai Persentase masing-masing jenis kerusakan pada ruas jalan Jepara-Mlonggo yaitu retakan longitudinal (9,52%), celah (4,95%), bercak (0,09%). ), retak. kulit buaya (4,56%), lubang (2,77%), robek (3,03%), retakan tepi (0,95%), obesitas (0,18%), retakan blok (0,00%), mengembang (0,14%). Pada saat dilakukan penelitian, kondisi jalan pada ruas jalan Jepara-Mlonggo KM 3 + 000 sampai dengan KM 5 + 000 memiliki nilai kondisi 7,75. Kemudian rata-rata volume lalu lintas harian pada ruas jalan Jepara-Mlonggo adalah 10.917 kendaraan / jam dengan nilai SMP 5.878,6 SMP / jam. Hasil perhitungan urutan prioritas mendapatkan nilai 3,25, sehingga sesuai dengan nilai prioritas pada metode Bina Marga 1990, ruas jalan tersebut masuk dalam program perbaikan jalan.

Keywords


Bina Marga 1990. SMP (Unit Mobil Penumpang), Perbaikan Jalan

Full Text:

PDF

References


Banguntopo, T. (2009). "Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Kabupaten Purworejo Dengan Menggunakan Metode Bina Marga". Purworejo: Skirpsi Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Bina Marga (Pt T-01-2002-B), D. P. (2002). Perencanaan Perkerasan lentur (Pt T-01-2002-B).

Bina Marga. (1995). Manual Jilid I Pemeliharaan Rutin untuk Jalan.

Direktorat Jendral Bina Marga. (1997a). Manual kapasitas jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga No. 03/MN/B/. (1983). Manual Pemeliharaan Jalan.

Dirjen Bina Marga . (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta.

Dirjen Bina Marga. (1990). Petunjuk Teknis Perencanaan Dan Penyusunan Program Jalan. Jakarta.

Dirjen Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.

Handoyo, H. A. (2016). Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga. Wonosobo.

Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. Yogyakarta: Gajah Mada Univerity Pres.

Hidayano, D. S. (2015). “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga” Skripsi,. Purworejo.: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Marga, D. B. (1997).

Muslim, G. A. (2019). Analisis Perbandingan Penilaian Kondisi Jalan Perkerasan Kaku Menggunakan Metode PCI dan Metode Bina Marga. Jepara: SKripsi Univeritas Islam Nahdlatul Ulama.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2011). TATA CARA PEMELIHARAAN DAN PENILIKAN JALAN Nomor 13/PRT/M/. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Menteri Pekerjaan Umum.

Peraturan Pemerintah. (1985). Tentang Jalan No.26.

Peraturan Pemerintah No.26/. (1985 ).

Peraturan Pemerintah Nomor 26. (Tahun 1985).

Peraturan Pemerintah RI No.34. (2006). Jalan.

Putra, F. E. (2019). Analisa kerusakan Jalan Metode LHR Bina Marga”. hal 8.

Qomaruddin, M. (2016). Analisis Alinyemen Horizontal pada Tikungan Depan Gardu PLN Ngabul di Kabupaten Jepara. DISPROTEK, 36.

Saputro, D. A. (2015). Penentuan Jenis Pemeliharaan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga ( Studi Kasus: Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik- Sistem, Vol. 10, No.2, Hlm 1-6.

Shanin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airport, Road and Parking Lots , Chapman and Hall. New York.

Shanin, M. Y., Walther, J.A. (1990). Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. New York: US Army Corps of Engineer.

Sukirman, S. (1999). PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA. BANDUNG: NOVA.

Undang - Undang RI No.38. (2004). tentang jalan.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v12i1.1765

Article Metrics

Abstract view : 1379 times
PDF - 2640 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.