PROTOTIPE APLIKASI MOBILE PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DESTINASI WISATA DI YOGYAKARTA

Ajie Dwihastadi, Agus Mulyanto, Muhammad Galih Wonoseto

Abstract


Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Hampir di setiap tahun selalu ada objek wisata baru yang bermunculan di Yogyakarta. Hal yang menjadi kendala adalah terbatasnya waktu yang dimiliki oleh wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Dengan waktu yang terbatas para wisatawan sulit untuk menentukan objek wisata mana saja yang akan mereka kunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan pemilihan objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan metode TOPSIS. Dalam perhitungannya, kriteria yang dipertimbangkan adalah jarak objek wisata, harga tiket masuk, fasilitas, kemudahan transportasi, keindahan objek wisata, kebersihan dan keamanan objek wisata. Berdasarkan pengujian usabilitas sistem, diperoleh hasil bahwa 37.2% responden sangat setuju, 58.8% responden setuju, 3.3% responden netral, 0.5% responden tidak setuju, dan 0.0% responden sangat tidak setuju terhadap hasil rekomendasi.

Keywords


Aplikasi Mobile; Sistem Pendukung Keputusan; TOPSIS; Wisata; Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Firdausi, H.H., 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Metode Analitycal Hierarchy Procceess (AHP) dan Weighted Product (WP). Skripsi, S.Kom,. Teknik Informatika. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sari, Artika., 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Destinasi Tempat Wisata Yogyakarta untuk Para Wisatawan Mancanegara Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Marice, S.I., 2010. Sistem Pendukung Keputusan Paket Wisata Yogyakarta Dengan Metode Analytic Hierarchy Process. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Marlinda, Linda., 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Wisata Yogyakarta Menggunakan Metode ELimination Et Choix Traduisant La RealitA (ELECTRE). Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Lovindha, Olga., 2015. Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Dan Pemesanan Tempat Wisata Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno (Studi Kasus CV Pritama Tours Tujuan Wisata Yogyakarta). Thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Honggowibowo, Anton Setiawan; Pujiastuti, Asih; Suryanto, Suryanto. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Favorit di Propinsi Yogyakarta Dengan Metode Weighted Product (WP) Berbasis Android. Compiler, [S.l.], v. 6, n. 2, nov. 2017. ISSN 2549-2403. Available at: . Date accessed: 24 june 2020. doi:http://dx.doi.org/10.28989/compiler.v6i2.232.

Beck, Kent, 2000. Extreme Programming Explained: Embrace Change. Canada: Addison Wesley.

Turban, Efraim., 2005. Decision Support System and Intelligent System 7th Edition. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v11i2.1258

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 276 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.