ANALISIS KUALITAS PRODUK KERAJINAN LIMBAH KAYU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER SATIFACTION INDEX DAN KANO MODEL Studi Kasus UMKM Succes Creative Desa Donorejo

Muhammad Nastain, Widya Setiafindari

Abstract


ABSTRAK
Penelitian pada UMKM Succes Creativ ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan, penelitian ini dilakukan karena sering terdapat keluhan pelanggan terhadap produk yang telah dibelinya contohnya pada bulan desember 2019 terdapat 18 keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Customer Satifaction Index dan Kano Model yang merupakan metode digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan melihat kepentingan atribut-atribut dari suatu produk, kemudian mengkategorikan atribut-atribut tersebut berdasarkan seberapa baik suatu produk mampu memuaskan kebutuhan pelanggan UMKM Succes Creativ. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan memberi usulan perbaikan kualitas dari karakteristik produk yang dihasilkan UMKM Succes Creativ. Hasil perhitungan menggunakan metode Customer Satisfaction didapatkan nilai prosentase kepuasan pembeli sebesar 75,36%. Hasil perhitungan tersebut terdapat diantara range 71%< X ≤77%, karena hasil perhitungan diantra range tersebut maka kualitas produk dikatakan couse for concern sehingga produk yang dihasilkan perlu dilakukan perbaikan untuk memenuhi kepuasan konsumen atau pembeli. Dari perhitungan Kano Model didapatkan angka kepuasan pembeli yaitu 0,393 yang lebih kecil dari angka ketidak puasan terhadap produk yaitu 0,405. Perlu dilakukan perbaikan kualitas dari produk untuk memenuhi kepuasan dari konsumen. UMKM Succes Creativ sebaiknya mengutamakan peningkatkan kualitas karakteristik produk yang diinginkan konsumen diantaranya daya tahan atau keawetan produk, model produk, bahan baku produk, kerapian pengecatan atau warna produk, kemsan produk yang baik, bentuk produk yang rapi dan menarik, dan finishing atau hasil pengerjaan produk yang rapi.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Customer Satifaction Index, Kano Model

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v11i1.1065

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 482 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.