ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PENGELOLAAN INTERNAL BMT (STUDI KASUS PADA BMT-BMT DI KOTA SEMARANG)

Widaryanti Widaryanti

Abstract


Abstrak

Keberhasilan  suatu  organisasi  sangat  dipengaruhi  oleh kinerja manajerialnya. Setiap organisasi atau perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja manajerial, dengan harapan apa yang menjadi tujuan perusahaan akan  tercapai. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja manajerial, tetapi dalam penelitian ini dianalisis melalui kinerja keuangan dan pengelolaan internal. Obyek dalam penelitian ini  adalah BMT-BMT di Kota Semarang yang sudah diasosiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pengelolaan internal antara BMT dengan kinerja keuangan yang baik dengan BMT dengan kinerja keuangan yang tidak baik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan BMT di Kota Semarang yang sudah diasosiasi yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan Metode pengambilan sensus. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan dengan sebelumnya dilakukan uji instrumen (validitas dan relibilitas) dan uji wilk?s lamda (stepwise selection). Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 17.0 menunjukkan bahwa; ada  perbedaan yang signifikan antara BMT yang berkinerja baik dengan BMT yang berkinerja tidak baik pada BMT-BMT di Kota Semarang. Berdasarkan pengujian secara statistik, hal ini dipengaruhi bagaimana Usaha Sosialisasi yang dilakukan oleh BMT-BMT tersebut.

 

Abstract

The success of an organization is strongly influenced by managerial performance. An organization or company will always strive to improve managerial performance, with the hope what the company's objectives will be achieved. Many factors affect managerial performance, but in this study was analyzed through its financial performance and internal management. The objects of this study is BMTs in Semarang be associated by Puskopsyah. The purpose of this study is to analyze the differences between the internal management of  BMT  with  good financial performance and BMT with worse financial performance. The population in this study are all leaders BMTs in Semarang be associated by Puskopsyah numbering 10 people. This study uses the method of sensus taking. The methods of data collection using questionnaires. The analysis technique used is previously performed discriminant analysis to test the instrument (validity and the reliability) and Wilk 's lambda test (stepwise selection). The results of the analysis using SPSS Version 17.0 shows that; no significant differences between BMT performs well with not performing well on BMTs in Semarang. Based on statistical tests, it is influenced by how the socialization efforts undertaken by the BMTs




DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v11i1.87

Article Metrics

Abstract view : 243 times
Abstrak (pdf) - 72 times Full Text (pdf) - 1769 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.