PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL, LINGKUNGAN EKSTERNAL, RESPON EMOSIONAL DAN RESPON RASIONAL TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi pada Remaja Konsumen Sabun Mandi di Swalayan Saudara Jepara)
Abstract
PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL, LINGKUNGAN
EKSTERNAL, RESPON EMOSIONAL DAN RESPON
RASIONAL TERHADAP PERPINDAHAN MEREK
(Studi pada Remaja Konsumen Sabun Mandi di Swalayan Saudara Jepara)
adalah seluruh konsumen (remaja) yang membeli produk sabun mandi sedangkan
sampel yang diambil sebanyak 97 orang dengan teknik accidental sampling. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Sumber data
diperoleh langsung dari responden (data primer) dan dari perusahaan (data sekunder).
Metode analisis data dengan teknik regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan internal dan
eksternal konsumen, respon konsumen secara emosional maupun rasional berpengaruh
terhadap perpindahan merek. Secara bersama-sama variabel independen berpengaruh
terhadap perpindahan merek.
Kata kunci: lingkungan internal, lingkungan eksternal, respon emosional, respon
rasional
DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v4i2.76
Article Metrics
Abstract view : 160 timesAbstract - 1066 times Full Text - 1193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia
Currently this Journal is Indexed by
Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.