ANALISIS PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN INTELEKTUALITAS TERHADAP HASIL UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi pada Siswa SLTA Di Kabupaten Jepara)

Nurul Huda, Fitri Ella Fauziah, Ahmad Syaroni

Abstract


Abstract

National final exam which have been executed some years, the result not good, to be marked by number of student that do not pass. This phenomenon represent matter concerning at the same time need attention so that need the existence of research related to result of national final exam. This research aim to analyse influence learn behavior: habit follow lesson (XI), habit read textbooks (X2), visit to library ( X3), habit face test ( X4) and intellectuality ( X5) by together to national final exam value at student of SLTA in Jepara.

Population is entire high school student of SLTA in Jepara counted 6760 student with technique of simple sampling random, where amount of taken sampel counted 378 student. Data type is primary and sekunder, collected with documentation and quesioner. Technique analyse initialy doubled linear regression, hut because not pass test of classic assumption and its data scale vary, hence method used is optimal scalling.

There are one of independent variable not reliabei (habit read textbooks;X2)t hence its released, conclusion: habit follow lesson (XI), habit face test ( X4) and intellectuality ( X5) have an positive effect to national final exam value. From third variable intellectuality have strongest influence. Visit to library (X3) do not have an effect on national final exam value (academic achievement). Keywords: intellectuality learn behavior, academic achievement


Abstraksi                                                                      

Sistem ujian aklnr uasional vang bebeiapa tahun ini sudah dilaksanakan membcrikan hasil kurang memuaskan, ditandai Ungginya angka kctidaklulusan siswa. Fcnomcna tni mcrupakan hal yang memprihatinkan sekaligus mcmerlukan perhatian sehingga pcrlu adanya pcnclitian yang bcrhubungan dcngan hasil ujian akhir nasional. Pcnclitian ini bcrtujuan untuk mcnganalisis pcngaruh kebiasaan mengikuti pclajaran (XI). kebiasaan mcmbaca buku tcks (X2), kunjungan ke perpustakaan (X3), kebiasaan meughadapt ujian (X4) dan intclcktualitas (X5) sccara bersama-sama tcrhadap nilai ujian akhir uasional pada siswa SLTA di Kabupaten Jcpara.

Populasi adalah seluruh siswa lulusan SLTA dan sederajat di Kabupatcn Jcpara yang mengikuti UNAS sebanyak 6760 siswa dcngan teknik simple random sampling, dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 37S siswa, Jcnis datanya primer yang dipcrolch langsung dari rcspondcn dan daia sckundcr yang diperoleh dari dinas P dan K K.ab. Jcpara yang dikumpulkan dcngan kucsioncr dan dokumentasi. Teknik analisis semula regresi linear berganda OLS, namun karena tidak lolos uji penyimpangan asuinsi klasik dan skala i^itanya bcrvariasi maka mctodc yang digunakan adalah optimal scalhng.

Pada model awah variabel indcpendcn yang dianalisis ada lima, kemudian karena terdapal salah salu variabel indcpendcn tidak reliabel (kcbiasaan membaca buku teks;X2) maka dikeiuarkan. Kesimpulannya: kcbiasaan mengikuti pclajaran (XI), kcbiasaan mcnghadapi ujian (X4> dan intclcktualitas (X5) bcrpcngamh positif tcrhadap hasil ujian akhir nasional. Dari kctiga variabel tcrscbut intclcktualitas memiliki pcngaruh sangat kuat. Variabel kunjungan ke perpustakaan (X3) tidak berpengaruh tcrhadap hasil ujian akhir nasional. Kata Kunci: inielekiualitas, perilaku belajar. prestasi akademik



Full Text:

Abstract Full Text


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v4i1.69

Article Metrics

Abstract view : 171 times
Abstract - 46 times Full Text - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.