Pembangunan Desa Berbasis Kelembagaan dan Potensi Desa

Priyo Sasmoko, Chriswardani Suryawati, Rukuh Setiadi, Darwanto Darwanto

Abstract


Desa Tubanan memiliki potensi sumber daya alam meliputi hasil pertanian dan hasil laut. Selain itu Desa Tubanan juga memiliki sumber modal yang cukup besar dari adanya pembangunan PLTU Tanjung Jati B yang beroperasi di Desa Tubanan. Namun potensi tersebut belum dibarengi dengan kapasitas sumber daya manusia memadai dan permasalahan kelembagaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan merumuskan program yang sesuai dengan permasalahan desa sehingga pembangunan desa dapat tercapai secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada informasi yang diperoleh melalui in-depth interview dengan pihak-pihak terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembangunan desa khususnya Desa Tubanan dapat dilakukan dengan pelaksanaan program penguatan kelembagaan dan program pemanfaatan potensi desa. Program penguatan kelembagaan desa dilakukan dengan menerapkan pendekatan ?social capital. Sedangkan program pemanfaatan potensi desa mencakup program pemanfaatan pekarangan, pembuatan pakan dan pembuatan pupuk organik yang dilakukan bersama dengan komunitas lokal Desa Tubanan.


Keywords


pembangunan desa, kelembagaan desa, potensi desa

References


, Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Jepara Tahun 2012 - 2017, Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012.

Jepara, B. K. (2015). Kecamatan Kembang Dalam Angka 2015. Jepara: BPS Kabupaten Jepara.

Pejovich, S. (1999). The Effects of The Interaction of Formal and Informal Institutions on Social Stability and Economic Development. Journal of Markets and Morality 2 , 164-181.

Pujiyono, A., Darwanto, Santosa, P. B., Agunggunanto, E. Y., & Raharjo, B. (2016). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Konservasi dan Edukasi Pertanian Organik. Prosiding Vol. 1 , 405-411.

Yustika, A. E. (2006). Ekonomi Kelembagaan (Definisi,Teori, dan Strategi). Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v15i2.546

Article Metrics

Abstract view : 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.