FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN ?KINERJA TENAGA PENJUALAN ?(STUDI PADA TENAGA PENJUALAN PERUSAHAAN FARMASI DI ?SEMARANG)?


Abstract


Abstrak

Peran tenaga penjualan sangat penting dalam pemasaran perusahaan, mengelola tenaga penjualan merupakan keniscayaan, karena kinerja tenaga penjualan akan berdampak langsung pada kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini akan dikaji pengaruh faktor orientasi pelanggan, ketrampilan interpersonal dan kerja cerdas terhadap kinerja tenaga penjualan. Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah tenaga penjualan (detailer) perusahaan farmasi yang melakukan penawaran kepada dokter di area pemasaran Semarang, berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pelanggan tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan pada perusahaan farmasi di Semarang dilihat dari nilai signifikansinya sebesar 0,152. Sedangkan ketrampilan interpersonal nilai signifikansinya sebesar 0,004, dan Kerja cerdas nilai signifikansinya sebesar 0,049 berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan pada perusahaan farmasi di Semarang.

Abstract

The role of salesperson is very important in a company's marketing, managing the sales force is a necessity, because the performance of salesperson will have a direct impact on the performance of the company. In this study will be examined the influence of customer orientation factors, interpersonal skills and smart work on salesperson performance. Respondents taken in this research are pharmacy salesmen (detailer) who do offer to doctors in Semarang marketing area, amounting to 100 people. Sampling technique in this research is non probability sampling. Data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that customer orientation does not affect the performance of salesperson in pharmaceutical companies in Semarang, seen from the significance value of 0.152. While the interpersonal skills significance value is 0.004, and work smart significance is 0.049 influential on the performance of salespeople at pharmaceutical companies in Semarang.


Full Text:

Full Text PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v13i2.517

Article Metrics

Abstract view : 219 times
Full Text PDF - 4159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.