ANALISIS KEBIJAKSANAAN PEMERINTAH KABUPATEN JEPARA TERHADAP PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI USAHA KECIL TENUN IKAT TROSO

Samsul Arifin

Abstract


Abstraksi

Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Jepara No.6 Tahun 2001 tentang Program Pembangunan Daerah dan Peraturan Daerah No. 9 tentang Rencana Strategis  Dae rah Kabupaten Jepara Tahun 2002-2007, membawa perubahan dalam upaya  pembangunan  di daerah, salah satu perubahan tersebut adalah perhatian terhadap pembang unan sektor industri dan usaha kecil menengah di daerah. Perubahan tersebut membawa konsekuensi terjadinya penyusunan kebijakan terhadap UKM yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi upaya peningkatan   usaha, pengembangan   dan pemberdayaan   UKM.

Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana  kebijakan pengembangan  ekonomi yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Jepara telah memenuhi tuntutan kebutuhan lingkungan sentra industri UKM tenun ikat Troso. Di samping itu, penelitian inijuga memberikan alternative kebijakan dalam rangka penyempurnaan  dan penataan program guna membantu meningkatkan usaha sentra industri UKM tenun ikat Troso sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan    masyarakat.

Dari penelitian dapat diketahui bahwa Kebijakan Pemerintah Kabupaten Jepara terhadap Pengembangan sentra industri UKM tenun ikat Troso belum berjalan dengan baik. Karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan khusunya yang berkaitan dengan kebijakan pembinaan dan pengembangan sentra industri tenun ikat Troso belum sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang  ditetapkan dalam kebijakan.

Disarankan agar Pemerintah kabupaten Jepara melakukan revitalisasi program pemberdayaan UKM di sentra industri tenun ikat Troso dengan memperhatikan aspek kebutuhan komunitas (pengembangan UKM berbasis komunitas) menuju optimalisasi potensi sentra industri tenun ikat Troso. Serta melakukan penelitian evaluasi kebijakan tentang UKM sehubungan dengan upaya pemberdayaan  UKM di sentra industri tenun ikat Troso.

 

Kata Kunci : kebijakan pemerintah, sentra industri, UKM, tenun ikat Troso


Full Text:

Abstract Full Text


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v2i2.49

Article Metrics

Abstract view : 336 times
Abstract - 53 times Full Text - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.