SISTEM PENGENDALIAN INTEREN ATAS PIUTANG SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PADA YAYASAN ISLAM AL - HAMIDIYAH DEPOK TANGERANG

Hayuningtyas Pramesti Dewi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai Sistem Pengendalian Interen pada sebuah organisasi nirlaba pendidikan, yaitu Yayasan Islam Al Hamidiyah Depok. Adapun hal yang disoroti adalah Sistem Pengendalian Interen atas Piutang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Penelitian ini mengambil data ke Yayasan Islam Al Hamidiyah Depok dan menganalisanya dengan secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Pengendalian Interen di Yayasan belum sepenuhnya dijalankan sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedures) yang berlaku, hal ini terlihat dari masih terdapatnya tunggakan dari SPP siswa.

 

Abstract

This research discusses the internal control system in a non-profit educational organization, namely Al Hamidiyah Islamic Foundation of Depok. The problem that is highlighted is the internal control system on the development of education contribution receivables. This study uses the data of Al Hamidiyah Islamic Foundation of Depok and analyzed with the descriptive qualitative method. The results of this study indicate that the implementation of the internal control system in the foundation has not been fully implemented in accordance with the prevailed SOP (Standard Operating Procedures), it can be seen from the presence of arrears of the student?s development of education contribution.


Full Text:

Full Text PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v12i1.380

Article Metrics

Abstract view : 281 times
Full Text PDF - 466 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.