PENGARUH SATISFACTION DAN INTERPERSONAL TRUST TERHADAP GUANXI VALUE (Studi pada Pedagang dan Pemasok Komputer di Kota Yogyakarta)

Jefri Heridiansyah

Abstract


Abstract

Computer dealers and suppliers relationship have been relying on trust. Computer dealers and suppliers are usually not aware of the relationship between on the run is guanxi. Parties concerned in this relitionship consumers and suppliers. This study aimed to determine the effect of interpersonal trust and satisfaction in the computer business guanxi value. The sample consisted of 30 respondents, supplier and computer trader in Yogya IT and Ramai Mall.

Results of this study found that the "t test", the variable satisfaction has a positive and significant effect on guanxi value (t arithmetic = 3.327> 2.051 t table). Variable interpersonal trust also has a positive and significant impact on guanxi value based test "t test " which gained value (t arithmetic = 2.287 > 2.051 t table). Testing the influence of independent variables together indicate that simultaneous satisfaction and brand interpersonal trust has a positive and significant effect on guanxi value obtained value (calculated F arithmetic = 34.092 > F table 3.34). From the calculation regression coefficient of determination (adjusted R2) in this study was 0,716. Thus guanxi value is influenced by interpersonal satisfaction and brand by 71.6%, while the remaining 28.4% as guanxi value is influenced by other variables not examined in this study.

Keywords: Guanxi Value, Satisfaction and Interpersonal Trust

 

Abstrak

Hubungan pedagang komputer dan pemasoknya selama ini mengandalkan kepercayaan. Pedagang komputer dan pemasoknya secara umum tidak menyadari bahwa hubungan yang selama ini di jalankan merupakan guanxi. Pihak-pihak yang memiliki peran atau kepentingan paling besar dalam lingkungan pedagang komputer adalah konsumen dan pemasoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh satisfaction dan interpersonal trust dalam bisnis komputer terhadap guanxi value. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 responden yaitu pemasok dan pedagang komputer di Yogya IT dan Ramai Mall.

Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa uji ?t, variabel satisfaction mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap guanxi value (t hitung = 3.327 > t tabel 2.051). Variabel interpersonal trust juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap guanxi value berdasarkan uji ?t dimana diperoleh nilai (t hitung = 2.287 > t tabel 2.051). Pengujian pengaruh variabel bebas secara bersama-sama menunjukkan bahwa secara simultan satisfaction dan brand interpersonal trust mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap guanxi value diperoleh nilai (Fhitung = 34.092 > Ftabel3.34). Dari hasil perhitungan regresi dapat diketahui koefisien determinasi (adjusted R2) pada penelitian ini sebesar 0,716. Dengan demikian guanxi value dipengaruhi oleh satisfaction dan brand interpersonal sebesar 71.6 %, sedangkan sisanya yaitu 28.4 % demikian guanxi value dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Guanxi Value, Satisfaction dan Interpersonal Trust


Full Text:

abstrak full text


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v9i2.13

Article Metrics

Abstract view : 315 times
abstrak - 63 times full text - 424 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.