PEMETAAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG SUSU KALIPUCANG TUTUR PASURUAN

Nur Rohmad Nuzil

Abstract


Agrowisata di Indonesia merupakan salah satu sektor pendorong dalam peningkatan perkonomian yang banyak diminati oleh wisatawan baik dari dalam negeri (domestik) maupun lua rnegeri (mancanegara). Padaumumnya, agrowisata berada pada kawasan dengan udara yang sejuk serta pemandangan alam yang indah, sekaligus memfasilitasi tourism yang ingin menikmati pemandangan alam disertai dengan pengetahuan tentang pengolahan produk secara alami maupun modern. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya perencanaan dalam inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat model pengembangan agrowisata yang dapat memadukan beberapa potensi unggulan yang dimiliki Desa Kalipucang dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Berdasarkan hasil pemetaan pada elemen-elemen BMC, Agrowisata Kampung Susu Kalipucang telah menjalankan suatu bisnis wisata yang menawarkan nilai wisata peternakan edukatif kepada wisatawan. Secara keseluruhan, bisnis yang dijalankan telah memenuhi ke-sembilan blok elemen dalam BMC, namun diperlukan strategi guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Hasil pemetaan BMC dianalisis dengan menggunakan SWOT untuk mendapatkan rekomendasi strategi perbaikan berikutnya. Pengelola dapat memanfaatkan kekuatannya, seperti kemampuan pengemasan acara wisata yang menarik, untuk menangkap peluang pertumbuhan pariwisata di kabupaten Pasuruan dan bersiap untuk menghadapi berbagai ancaman yang mempengaruhi keberhasilan bisnisnya.


Keywords


Agrowisata, Kampung Susu, SWOT, BMC

References


Alexander Osterwalder and Yves Pigneur. (2012). Business Model Generation

Andidi N. 2013. Pengorganisasian Komunitas dalam Pengembangan Agrowisata di DesaWisata Studi Kasus: Desa Wisata Kembangarum, Kabupaten Sleman. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 24(3): 173–188.http://www.sappk.itb.ac.id/jpwk/wpcontent/uploads/2014/02/Jurnal-2-Nurulitha.pdf

Freddy Rangkuti. 2005. Analisis SWOT :Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia.Untuksumber internet dengannamapenulis:

Jolly, A.D. dan Reynolds A.K. 2005. Consumer Demand For Agricultural And On-Farm Nature Tourism. Uc Small Farm Center Research Brief. . Diakses pada 6 April 2015.

Maharani R, Budiarti T. 2010. Studi Potensi Lanskap Perdesaan untuk Pengembangan Agrowisata berbasis Masyarakat di Cigombong, Bogor. Dalam Prosiding Simposium Nasional IALI. Bogor (ID). November.

Profil Desa Kalipucang, 2016. Presentasi Profil Desa Kalipucang Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. DesaMaslahat

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Yoeti,OkaA,2008.PerencanaandanPengembanganPariwisata.PradnyaParamita:Jakarta




DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.1020

Article Metrics

Abstract view : 841 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.