Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat : KAMPUNG SIAGA KUSTA di Dusun Sumber Glagah, Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto

Handayani Handayani, Wiwik Winarningsih, Azmi Alvian Gabriel

Abstract


Abstrak

Masih ditemukannya penderita kusta aktif di Dusun Sumber Glagah, data bulan Januari 2023 dekitar 20 orang penderita yang berobat ke RS Sumber Glagah. Sebagian besar murid di SDN 2 Tanjung Kenongo  berasal dari keluarga penderita kusta. Telah dilaksanakan program pemberdayaan kemitraan masyarakat menggunakan dana dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2023, oleh tim pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu : a. Penyuluhan tentang penyakit Kusta dan lomba menulis karangan bebas pada siswa SDN 2 Tanjung Kenongo, b. Penyuluhan PHBS pada penderita kusta, di Balai Dusun Sumber Glagah, c. Pelatihan Kader Siaga Kusta dengan materi deteksi dini dan pendampingan penderita kusta, pengolahan makanan tinggi protein dan pemanfaatan herbal di Ruang Penyuluhan RS Sumber Glagah, d. Pembentukan  Kelompok Kader dan Posko Siaga Kusta di Dusun Sumber Glagah, dengan beberapa peralatan untuk pengolahan makanan. Dampak dari program ini: anak sekolah mendapat dapat mempraktekkan cara untuk mencegah penularan kusta, kader Siaga Kusta dapat mendeteksi dini jika ada kasus kusta baru, dan segera mengajak penderita untuk berobat, Posko Siaga Kusta dapat dikembangkan untuk usaha produktif pengolahan makanan tinggi protein. mahasiswa pengalaman bersama dosen berkegiatan diluar kampus sesuai semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka.


Keywords


Sumber Glagah; Empowerment; leprosy

References


Penderita Kusta Memilih Tinggal Di Dusun Sumberglagah Desa Tanjung Kenongo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 03 Nomor 03 Tahun 2016, 149-157.

Mengenal Kusta, ditjen YANKES KEMENKES RI, 2022. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/142/mengenal-kusta 5 juli 2022, diakses 9 maret 2023.

Data Prevalensi Kusta di Indonesia tahun 2022. https://dataindonesia.id/ragam/detail/prevalensi-kusta-di-indonesia-meningkat- pada-2022, diakses 9 maret 2023.

Kemenkes, 2022. Menuju Eliminasi 2021, Kemenkes Ajak Masyarakat Hapus Stigma dan Diskriminasi Kusta. https://www.kemkes.go.id/article/view/ 22020300001/menuju-eliminasi-2024- kemenkes-ajak-masyarakat-hapus-stigma-dan-diskriminasi-kusta.html. Diakses 9 april 2023.

Latham MC. 1997. Human Nutrition in Developing Country. Rome : World Food and Organization.

Peraturan Menteri Kesehatan no 11 thn 2019, tentang Penanggulangan Kusta.

Rahfiludin, M. Z., Kartini, A., & Philani, D. (2020). HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI DAN PROTEIN DENGAN KADAR Immunoglobulin M (IgM) anti Phenolic Glycolipid-1 (PGL-1) NARAKONTAK SERUMAH PENDERITA KUSTA DI KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2).

Handayani. 2022. Antioxidant potential effect combination of the bitter, red ginger, and turmeric extract with the DPPH method†pada Bali Medical (Bali MedJ) 2022, Volume 11, Number 3: 2071-2074.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v8i2.5665

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref