PENINGKATAN KETERAMPILAN IBU-IBU PKK DALAM MEMASARKAN BUSANA GAMIS DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENGEMABANGAN HOME INDUSTRI

Eem Kurniasih, Lusi Rchmiazasi Masduki, Dian Ayu Uswatun K, Djoko Sri Bimo

Abstract


Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang berbasis kewirausahaan yaitu mengolah usaha online, hasil dari kegiatan ibu-ibu pkk dalam membuat busana gamis. Kegiatan tim yang dilaksanakan yaitu membekali ketrampilan Ibu-ibu PKK untuk bisa berwirausaha dan bisa menambah penghasilan. Kegiatan pengadian ini dilaksanakan di Dk. Ocak-Acik, Jati, Jaten Karanganyar-Surakarta yaitu selama 6 bulan. Model dalam pelaksanakan pengabdian ini yaitu terdiri dari pelatihan andragogi 70% praktek dan 30% teori. Peserta lebih fokus pada aktivitas praktek dalam mengolah usaha online untuk menjual busana yang telah dibuat dalam kegiatan pengabdian yang telak dilaksanakan. Tim pengabdian telah memberikan workshop pelatihan dalam strategi menjual busana dengan media online. Target yang telah dicapai dalam kegiatan pengabdian yaitu ibu-ibu PKK yang terdiri dari 10 mitra telah mengetahui cara menjual busana gamis di media sosial seperti Tokopedia, Shopee, Facebook, Instagram, dan Lazada. Kesimpulan dari  kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan yaitu Ibu-ibu pkk sebagai mitra terbantu dalam menjual busana home industri yang dapat menambah peluang penjualan busana gamis

Keywords


Busana; Media Sosial; Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Hasan, Ali 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. Jakarta: MedPress

Peter dan Olson. 2006. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah). Consumen Behavior. Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Rosinta Romauli Situmeang. 2018. (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. vol. 3, no. 3, pp. 319-335




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v7i2.4826

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref