Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Untuk Mingkatkan Penguasaan Technological Pedagocical Content Knowledge (TPACK) Bagi Guru Sekolah Dasar

Yosi Gumala, Husna Farhana, Yohamintin Yohamintin, Ernawulan Syaodih

Abstract


Penerapan teknologi dalam ranah pendidikan khususnya pembelajaran menjadi perhatian khususnya dalam memberikan evaluasi pembelajaran yang menarik dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar melalui kegiatan terintegrasi proses penggunaan pedagogi, teknologi dan materi ajarnya. Peserta kegiatan pengabdian ini adalah guru sekolah dasari di SD Kemala Bhayangkari 5 Cipinang. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan melalui beberapa tahap seperti sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan keberlanjutan program. Pelaksaaan kegiatan ini diselenggarakan melalui proses memberikan pelatihan mengenai bagaimana mengintegrasi TPACK memiliki konsep dari 3 komponen yaitu pengintegrasian TPACK dalam rancangan belajar, teknologi yang diimplementasikan untuk mengomunikasikan dalam kegiatan mengajar, dan exploratory practice  dan reflective practice melalui pembelajaran aktif. Hasil Setelah mengikuti pelatihan ini guru sekolah dasar memiliki kemampuan dalam mengevaluasi pembelajaran menggunakan Quizzizz. Berdasarkan hasil pelatihan terdapat peningkatan kemampuan pedagogik guru setelah mendapat pelatihan dengan materi TPACK

Keywords


TPACk; Guru; Pedagogik; Pelatihan Guru

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. N., Syaodih, E., Suhandi, A., Maftuh, B., Hermita, N., Handayani, H., … Samsudin, A. (2019). Develop children’s science process skills through building activities in center of beam: optical geometry on focus. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1280, p. 52016). IOP Publishing.

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925.

Akyuz, D. (2018). Measuring technological pedagogical content knowledge (TPACK) through performance assessment. Computers & Education, 125, 212–225.

Anwar, C., & Awiria, Y. G. (2022). The Role Of The Teacher In Implementing The Attitude Of Religious Tolerance In Class Iv Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 5(2), 73–78.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22.

Gumala, Y., Nurkaeti, N., Aryanto, S., Syaodih, E., & Samsudin, A. (2020). The Influence Of Using Kit Of Science For Kids To Elementary School Students’concept Mastery. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 4(1), 74–82.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291.

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan penguasaan TPACK guru di papua melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 277–288.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94–103.

Petersen, C. I., Baepler, P., Beitz, A., Ching, P., Gorman, K. S., Neudauer, C. L., … Wingert, D. (2020). The tyranny of content:“Content coverage” as a barrier to evidence-based teaching approaches and ways to overcome it. CBE—Life Sciences Education, 19(2), ar17.

Pratiwi, U., & Nurhidayati, N. (2017). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk peningkatkan kemampuan pedagogik guru dan calon guru PAUD Kec. Panjer Kab. Kebumen. Journal of Dedicators Community, 1(1), 82–93.

Pratiwi, U., & Sriyono, S. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika dengan Model STM “Two in One” Melalui Pelatihan dan Pengembangan Media Ajar Fisika Berbasis CMS (Content Management System), Web EXE dan Arduino di Kabupaten Purworejo. Journal of Dedicators Community, 2(2), 123–133.

Suherman, S., Darman, D. R., Wibowo, F. C., Gumala, Y., Sugiyarto, W. A., & Budi, A. S. (2021). E-Character Mental Revolution (E-CMR) based on technology of Mobile Digital Education (MDE) for physics concept. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1098, p. 32081). IOP Publishing.

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Tanak, A. (2020). Designing TPACK-based course for preparing student teachers to teach science with technological pedagogical content knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(1), 53–59.

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58.

Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: Are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69–83.

Wibowo, F. C., Nasbey, H., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Gumala, Y., Adityo, F. P., & Budi, A. S. (2021). Game Open Online Physics Instructional (GOOPI) for technology improving 21st-century careers. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1098, p. 32079). IOP Publishing.

Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243.

Zhu, H. (2022). MetaAID: A Flexible Framework for Developing Metaverse Applications via AI Technology and Human Editing. ArXiv Preprint ArXiv:2204.01614




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v7i3.4540

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref