Pelatihan Google Education Guna Optimalisasi Penerapan Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Guru SD di Kota Madiun

Ridho Pamungkas, Hani Atun Mumtahana, Hendra Erik Rudyanto, Lingga Nico Pradana

Abstract


Kegiatan abdimas ini merupakan hilirisasi dari penelitian tim sebelumnya yang mengambil tema analisa dan optimalisasi teknologi digital pada proses pembelajaran sekolah dasar di Kota Madiun. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, kendala yang dialami pada proses pembelajaran, terutama pembelajaran daring diantaranya ialah menguasaan IT atau teknologi digital  guru yaitu mendapatkan nilai 12% dimana kendala tersebut merupakan kendala yang meniliki point yang tinggi. Tujuan dari kegiatan abdimas ini adalah meningkatkan softskill atau kemampuan guru dalam penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran dengan pelatihan penggunaan Google Education dan Pen Tablet. Metode dalam pelaksanaan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdapat empat tahapan diantaranya Survey,  Optimalisasi, Materi, dan Evaluasi. Kegiatan abdimas dalam bentuk pendampingan atau pelatihan yang telah dilakukan cukup berhasil, hal tersebuat dapat dilihat dari indikator prosentase peserta yang dapat mengimplementasikan teknologi digital berupa Pen Tablet dan Google Education dengan nilai 72%. Namun setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini hendaknya dilakukan kegiatan tindak lanjut agar kemampuan literasi digital guru terus meningkat dan Guru harus mengaplikasikan hasil pelatihan ke dalam pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Keywords


Google Education; Pen Tablet; Sekolah Dasar; Teknologi Digital;

Full Text:

PDF

References


Atun Mumtahana, H., Erik Rudyanto, H., Pamungkas, R., & Nico Pradana, L. (2022). Analisis Kesiapan Sekolah Dasar di Kota Madiun Pada Proses Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer, 58–66.

Kominfo. (2022). Status Literasi Digital Indonesia 2020. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_Nasional_2020.pdf

Pamungkas, R., Atun Mumtahana, H., Erik Rudyanto, H., & Nico Pradana, L. (2022). Optimalisasi Teknologi Digital Pada Proses Pembelajaran Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kota Madiun. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer, 1–12.

Saribumi Pohan, S., & Suparman. (2020). PERSPEKTIF LITERASI DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR. SEUNEUBOK LADA Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v7i2.4255

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref