Upaya Perubahan Perilaku Merokok Melalui Pemberian TEKO (Tabungan & Edukasi Rokok) pada Remaja

Afif Kurniawan, Heri Suroso, Etika Purnama Sari, Silvia Haniwijaya Tjokro

Abstract


Banyak efek samping Kesehatan kronis akibat perilaku merokok. Tembakau dapat membunuh 1 dari 2 penggunanya. Remaja usia 13-17 tahun di Indonesia, sudah mulai merokok. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk menyadarkan remaja bahwa merokok merugikan Kesehatan mereka. Pengabdian masyarakat memberikan edukasi tentang cara menabung karena berhenti merokok. Pengabdian masyarakat dilakukan kepada remaja di Jl. Kalilom Lor Indah RT 10 RW 10. Pemilihan remaja karena daerah tersebut merupakan daerah menengah ke bawah dan banyak remaja yang sudah merokok. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan berdiskusi dengan para remaja. Tingkat pengetahuan dan tindakan baik para remaja meningkat 23,12%. Sikap responden mengalami peningkatan sebesar 15,43%. Pengetahuan responden meningkat setelah pemberian penyuluhan terkait konsep penyuluhan terhadap upaya mengubah keyakinan Perilaku, keyakinan normatif, dan keyakinan kontrol. Pemberian pelatihan bermanfaat bagi para remaja yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Hal ini terbukti dari pemberian penyuluhan dan pemberian pengalaman perokok sebelumnya, tingkat pengetahuan dan sikap mereka terhadap rokok sudah mulai berubah. Penyuluhan ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang sudah kecanduan merokok, tetapi juga bermanfaat bagi remaja yang tidak merokok. Remaja yang tidak merokok diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi orang-orang di sekitar mereka. Hal ini terbukti dari pemberian penyuluhan dan pemberian pengalaman perokok sebelumnya, tingkat pengetahuan dan sikap mereka terhadap rokok sudah mulai berubah. Penyuluhan ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang sudah kecanduan merokok, tetapi juga bermanfaat bagi remaja yang tidak merokok. Remaja yang tidak merokok diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi orang-orang di sekitar mereka. Hal ini terbukti dari pemberian penyuluhan dan pemberian pengalaman perokok sebelumnya, tingkat pengetahuan dan sikap mereka terhadap rokok sudah mulai berubah. Penyuluhan ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang sudah kecanduan merokok, tetapi juga bermanfaat bagi remaja yang tidak merokok. Remaja yang tidak merokok diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi orang-orang di sekitar mereka.

Keywords


Smoking behavior; health education; Adolescent; Savings; Cigarette Education

Full Text:

PDF

References


Agaku, I. T., Singh, T., Jones, S. E., King, B. A., Jamal, A., Neff, L., & Caraballo, R. S. (2015). Combustible and smokeless tobacco use among high school athletes—United States, 2001–2013. Morbidity and Mortality Weekly Report, 64(34), 935–939.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Ayatullah. (2018). The Relationship of Smoking Behavior Towards Decreased Appetite (Anorexia) in S1 Nursing Students Stikes Yahyha Bima. PALAPA, 6(1), 10–18.

Fikriyah, S., & Febrijanto, Y. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada mahasiswa laki-laki di Asrama Putra. Jurnal Stikes, 5(1), 99–109.

Kementerian Kesehatan. (2019). Riset Kesehatan Dasar 2018. Ministry of Health.

Notoadmojo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Sadri, M. (2019). Pemberdayaan siswa melalui edukasi keuangan sejak dini sebagai upaya pembentukan karakter cerdas mengelola uang. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 290–295.

United States Department of Health and Human Services. (2020). Smoking Cessation: A Report of the Surgeon General.

WHO. (2019). The tobacco body. World Health Organization.

World Health Organization. (2018). Factsheet 2018 Indonesia.

World Health Organization. (2020). Tobacco fact sheet 2020.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v7i3.3870

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref