Edukasi Pemanfaatan Rebusan Daun Sirih Sebagai Obat Kumur Dalam Upaya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Pada Remaja

Fitria Diniah Janah Sayekti, Vector Stephen Dewangga, Karina Winda Rofifah, Alvindo Thiananda Devi, Lingka Elliesia Putri Santosa, Sherrin Karina Putri, Yayi Aullia Ramadhani

Abstract


Pemasalahan gigi dan mulut timbul akibat rendahnya perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Menurut Riskesdas (2018) penderita penyakit gigi dan mulut pada remaja cukup tinggi, dengan permasalahan gigi dan mulut di perkotaan lebih rendah (57,2%) dibandingkan penduduk perdesaan (58,2%). Salah satu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah menggunakan obat kumur. Daun sirih merupakan tanaman obat tradisional yang mengandung berbagai senyawa yang bersifat antibakteri, dan antijamur yang kuat. Penyuluhan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut menggunakan obat kumur alami rebusan daun sirih. Sasaran penyuluhan adalah remaja anggota Karang Taruna dukuh Plumbon, Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah dilaksanakan secara online, metode ceramah dengan tahap identifikasi, perencanaan, pelaksanaan. Hasil penyuluhan sangat baik dengan presentase kehadiran 80% (20 peserta), antusiasme peserta dibuktikan dengan 11 pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Pada uji non parametrik Wilcoxon hasil nilai pengerjaan pre-test dan post-test menunjukan (p) < 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test, dengan peningkatan hasil pengerjaan 15 peserta (75%).


Keywords


Kesehatan gigi dan mulut; Obat kumur; Remaja; Daun sirih

Full Text:

PDF

References


Ariska, Maulida. 2014. Faktor-faktor Personal Hygiene yang berhubungan dengan kebersihan gigi dan mulut Masyarakat Jumphoih Adan Kecamatan Mutiara Kabupaten Piede. Fakultas kedokteran gigi. Universitas Syiah Kuala Darussalam-Banda Aceh.

Armanty, Harman DT. 2013. Efekivitas Anti Bakteri Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) Terhadap Bakteri Enterococcus Faecalis. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Hassanudin.

Banu J.N. dan Gayathri, V. 2016. Preparation of Antibacterial Herbal Mouthwash Againts Oral Phatogens. International Journal of Current Microbiology and Applied Science. 5 (11) : 205-221.

Carolia, Novita. Wulan, Noventi. 2016. Potensi Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle L.) sebagai Alternatif Terapi Acne vulgari. Universitas Lampung. (5) 1 : 140-145.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riskesdas Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Louisa Marie, dkk. 2021. Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi Covid-19 Pada Orang tua Anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abdimas dan Kearifan Lokal. Vol. 02 No. 01.

Notohartojo I.T., Woro, R., & Olwin, N. 2011. Nilai Karies Gigi Pada Karyawan Kawasan Industri di Pulo Gadung Jakarta. Media Litbang Kesehatan. 21(4).

Pay Novaria Mery, dkk. 2016. Identifikasi faktor yang mempengaruhi perilaku anak dalam pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut. Studi pada Pusat Pengembangan Anak Agape Sikumana Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Majalah Kedokteran Gigi Indonesia Vol 2 No 1.

Rahmi, Hanifa. Rizky A. R., Elly W. 2019. Pembuatan Obat Kumur Alami Daun Sirih Bagi Anggota Aisyiyah di PRA Cabang Perumnas I dan Jakasampurna. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Jurnal Solma. 08 (1) :119-126.

Reca., dan Mardiah, A. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dengan Pewarnaan Gigi (Stain) di Desa Peuniti Kota Banda Aceh. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat. 3 (1) :15-19.

Sahara, Rahma. 2020. Efektivitas ekstrak daun sirih (Piper Betle L.) terhadap kesehatan gigi dan mulut. Skripsi. Universitas Hasanudin Makasar.

Yanti G. M., Elizabeth Lilian. 2016. Efektifitas berkumur rebusan daun sirih 10% dibandingkan obat kumur yang mengandung Cetylpyridinium chloride terhadap penurunan jumlah bakteri rongga mulut. Jurnal Persatuan Dokter Gigi. 65 (1) : 1-5.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v6i2.2641

Article Metrics

Abstract view : 1343 times
PDF - 1259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref