PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN ANDROID TV PADA TAMAN PINTAR “TUNAS BANGSA” MANYARAN SEMARANG
Abstract
Taman pintar “Tunas Bangsa” saat ini telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan termasuk Kegiatan Belajar Masyarakat (KBM). Namun demikian masih banyak fasilitas KBM yang belum memadai, termasuk belum tersedianya perangkat teknologi pembelajaran. Kendalanya aktifitas pembelajaran menjadi kurang efektif, sehingga kurang menarik minat belajar terutama siswa PAUD, anak, dan remaja yang tergabung dalam komunitas tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan instalasi perangkat Android TV, internet, dan pendukungnya, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan materi ajar multimedia sederhana yang dapat dterapkan pada perangkat tersebut. Metodenya yaitu melakukan survei analisis situasi, persiapan kebutuhan perangkat pembelajaran dan pelatihan, pendampingan instalasi Android TV dan internet, dan pelatihan multimedia sederhana dengan MS-Powerpoint, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasilnya, instalasi perangkat multimedia berbasis Android TV telah terlaksana dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah mendapat pendampingan dan pelatihan, mitra telah dapat mengoperasikan perangkat, dan dapat mengunakan aplikasi multimedia sederhana pada proses pembelajaran dengan perangkat Android TV.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, I., Khusro, S., & Naeem, M. (2017, December). A review of smart TV: Past, present, and future. In 2017 International Conference on Open Source Systems & Technologies (ICOSST) (pp. 35-41). IEEE.
Buchori, A., Rahmawati, N. D., Prasetyowati, D., Menariati, I., & Setiawan, A. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Bagi Guru Guru SMP Negeri 1 Karangawen Demak. Journal of Dedicators Community, 5(1), 30-36.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97
Hariadi, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 11(1), 100-110.
Koedoes, Y. A., Hijriani, H., & Nur, M. N. A. (2020). Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 2(2), 87-92.
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Belanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-learning and Digital Media, 15(4), 191-216.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
Pradipta, P., & Mustofa, M. (2020, November). EFL Learning Via Smart TV in Junior High School. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 817-830).
Sugiarto, M. A. (2019). Efektifitas Penggunaan Media LCD dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 1-7.
Taufiq, M. A. (2014). Hubungan Media Pembelajaran LCD Proyektor Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2316
Article Metrics
Abstract view : 631 timesPDF - 654 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by