Kegiatan Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Strategi Penguatan Moderasi Beragama Santri di Kota Blitar

Asfira Zakiatun Nisa', Imam Rofiki

Abstract


Bidang keagamaan menghadapi tantangan serius dalam memberikan penguatan moderasi beragama khususnya bagi santri serta mengimbangi pesatnya perubahan teknologi yang sedang dialami masyarakat saat ini. Dengan demikian, perlunya mengadaptasi teknologi tersebut untuk menguatkan pemahaman moderasi beragama. Video adalah salah satu media pembelajaran virtual yang memungkinkan santri untuk lebih memahami dan menyimpan informasi dengan lebih baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman moderasi beragama santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung di Kota Blitar melalui penggunaan video sebagai media belajar mengajar. Kegiatan ini melibatkan partisipasi sepenuhnya bersifat sukarela, berdasarkan persetujuan lisan yaitu dari sepuluh santri yang menanggapi permintaan untuk berpartisipasi. Data dianalisis menggunakan analisis konten. Santri menganggap video secara umum bermanfaat bagi kegiatan belajar mereka. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa santri memberikan tanggapan positif terhadap video sebagai media belajar mengajar. Persepsi dan sikap terhadap pembelajaran berbasis video memberikan wawasan yang menarik berkaitan dengan konsep dan penerapan moderasi beragama.

Keywords


media pembelajaran; moderasi beragama; teknologi; video

Full Text:

PDF

References


Boyle, T. (1997). Design for multimedia learning. Prentice-Hall, Inc.

Dubois, L.-E., Griffin, T., Gibbs, C., & Guttentag, D. (2021). The impact of video games on destination image. Current Issues in Tourism, 24(4), 554–566.

Duffy, T. M., & Cunningham, D. J. (1996). Constructivism: Implications for the design and delivery of instruction. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of Research for Educational Communications and Technology (pp. 170-199). Simon & Schuster Macmillan.

Fern, A., Givan, R., & Siskind, J. M. (2002). Specific-to-general learning for temporal events with application to learning event definitions from video. Journal of Artificial Intelligence Research, 17, 379–449.

Goldman, R. (2007). Video representations and the perspectivity framework: Epistemology, ethnography, evaluation, and ethics. Video Research in the Learning Sciences, 37, 3–37.

Karppinen, P. (2005). Meaningful learning with digital and online videos: Theoretical perspectives. AACE Journal, 13(3), 233–250.

Kementerian Agama RI. (2019). Tanya jawab moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Luo, J., Papin, C., & Costello, K. (2008). Towards extracting semantically meaningful key frames from personal video clips: from humans to computers. IEEE Transactions on Circuits and Systems for Video Technology, 19(2), 289–301.

Luppicini, R. (2003). Categories of virtual learning communities for educational design. Quarterly Review of Distance Education, 4(4), 409–416.

Mufidah, N., Suryawati, D., & Rofiki, I. (2021). Vlog media in Arabic learning for the pro gadget generation. In S. Senjana, U. Hikmah, I. Rofiki, W. F. Antariksa, Z. Rofiq, D. E. Rakhmawati, M. N. Jauhari, A. Fattah, U. A. Sari, & R. I. Rosi, Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020) (Vol. 529, pp. 330–334). Atlantis Press.

O’Flaherty, J., & Phillips, C. (2015). The use of flipped classrooms in higher education: A scoping review. The Internet and Higher Education, 25, 85–95.

Syed, M. R. (2001). Guest Editor’s Introduction: Diminishing the Distance in Distance Education. IEEE Annals of the History of Computing, 8(03), 18–20.

Tarpley, T. (2001). Children, the Internet, and other new technologies. Handbook of Children and the Media, 547–556.

Yaakub, M. B., & Othman, K. (2016). A textual analysis for the term ‘wasatiyyah (Islamic Moderation) in selected quranic verses and prophetic tradition. Journal of Education and Social Sciences, 5, 61–68.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2295

Article Metrics

Abstract view : 633 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref